Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam Kepada Siswa Di SMA 02 Diponegoro Wuluhan

Anisa, Dewi (2020) Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam Kepada Siswa Di SMA 02 Diponegoro Wuluhan. Undergraduate thesis, IAIN Jember.

[img] Text
Dewi Anisa_084141425.pdf - Submitted Version

Download (2MB)

Abstract

Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam Kepada Siswa Di SMA 02 Diponegoro WuluhanProses pendidikan agama Islam merupakan rangkaian usaha membimbing, mengarahkan potensi manusia yang berupa kemampuankemampuan dasar dan kemampuan belajar, sehingga terjadilah perubahan di dalam kehidupan pribadinya sebagai makhluk individual dan sosial sertadalam hubungannyadenganalamsekitardimanaiahidup. Proses tersebut harus senantiasa berada di dalam nilai-nilai Islami, yaitu nilai i’tiqodiyah, khuluqiyah dan amaliyah. Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah : 1) Bagaimana tranformasi 2) Bagaimana transaksi 3) Bagaimana traninternalisasi nilai-nilai pendidikan agama Islam kepada siswa di SMA 02 DiponegoroWuluhan. Tujuan penelitian skripsi ini adalah : 1) Mendeskripsikan transformasi 2) Mendeskripsikan transaksi 3) Mendeskripsikan transinternalisasi nilai-nilai pendidikan agama Islam kepada siswa di SMA 02 Diponegoro Wuluhan. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian field research,subyek penelitian ditentukan menggunakan teknik purposive, teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dokumentasi. Analisis data menggunakan model interaktif melalui empat tahap yaitu pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi data. Keabsahan data diuji menggunakan trianggualasi sumber dan teknik. Penelitian ini memperoleh kesimpulan sebagai berikut: 1) Transformasi nilai-nilai pendidikan agama islam memiliki tiga proses yaitu (a) Proses perhatian (perhatian yang diberikan oleh guru dan perhatian yang ditunjukkan oleh siswa) (b) Proses pemahaman (mengenalkan nilai-nilai pendidikan agama Islam, mengaitkan nilai-nilai pendidikan agama Islam dengan hal-hal kongkrit, memotivasi siswa agar antusias dalam belajar agama) (c) Proses penerimaan atau persepsi (mengetahui isi nilai (I’tiqodiyah, khulukiyah dan amaliyah), memahami makna dari nilai (I’tiqodiyah, khulukiyah dan amaliyah)). 2) Transaksi nilai-nilai pendidikan agama islam, yaitu : (a) Conditioning/pembiasaan merespon, (pemberian reward dan pemberian punishment) (b) Peniruan/Imitation, (membiasakan siswa untuk berbicara sopan, membiasakan hidup disiplin, menciptakan tali ukhuwah antar teman). 3) Transinternalisasi nilai-nilai pendidikan agama islam meliputi: (a) Atensi (guru sabar dalam mendidik siswa, guru mampu menjadi sahabat bagi siswa, guru religious, guru mampu berpenampilan baik, guru dapat berinteraksi dengan siswa menggunakan bahasa yang baik) (b) Retensi (mengingatkan siswa untuk menggunakan bahasa yang baik, memotivasi agar rajin belajar, mengingatkan siswa jika berbuat salah) (c) Produksi (disiplin, menjalin ukhuwah antar teman) (d) Motivasi (pemberian semangat, perhatian secara berkelanjutan).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 13 Oct 2022 03:09
Last Modified: 13 Oct 2022 03:09
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/13641

Actions (login required)

View Item View Item