Implementasi Kajian Kitab Risalatul Mahid dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa Kelas 5 dan 6 tentang Haid di Madrasah Ibtidaiyah Al-Muttaqien Gambiran Banyuwangi Tahun Pelajaran 2018/2019

KHUMAIDAH, SITI (2019) Implementasi Kajian Kitab Risalatul Mahid dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa Kelas 5 dan 6 tentang Haid di Madrasah Ibtidaiyah Al-Muttaqien Gambiran Banyuwangi Tahun Pelajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, IAIN Jember.

[img] Text
SITI KHUMAIDAH_T20154090.pdf - Submitted Version

Download (7MB)

Abstract

Implementasi Kajian Kitab Risalatul Mahid dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa Kelas 5Skripsi ini dilatarbelakangi oleh pentingnya memahami materi haid pada setiap perempuan, karena haid dialami oleh setiap perempuan setiap bulannya, serta berkaitan dengan ibadah yang dilakukannya. Namun, kenyataanya belum banyak siswa perempuan yang belum memahami tentang permasalahan haid ini. Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini, yaitu: 1) Faktor-faktor apakah yang melatarbelakangi kegiatan kajian kitab Risalatul Mahid di Madrasah Ibtidaiyah Al-Muttaqien Gambiran Banyuwangi Tahun pelajaran 2018/2019?, 2) Bagaimanakah bentuk pelaksanaan kegiatan kajian kitab Risalatul Mahid di Madrasah Ibtidaiyah Al-Muttaqien Gambiran Banyuwangi Tahun pelajaran 2018/2019?, 3) Bagaimanakah pemahaman siswa kelas 5 dan 6 tentang haid melalui kegiatan kajian kitab Risalatul Mahid di Madrasah Ibtidaiyah Al- Muttaqien Gambiran Banyuwangi Tahun pelajaran 2018/2019?. Tujuan penelitian ini yaitu: 1) Untuk mendeskripsikan faktor-faktor yang melatarbelakangi kegiatan kajian kitab Risalatul Mahid di Madrasah Ibtidaiyah Al-Muttaqien Gambiran Banyuwangi Tahun pelajaran 2018/2019, 2) Untuk mendeskripsikan bentuk pelaksanaan kegiatan kajian kitab Risalatul Mahid di Madrasah Ibtidaiyah Al-Muttaqien Gambiran Banyuwangi Tahun pelajaran 2018/2019, 3) Untuk mendeskripsikan pemahaman siswa kelas 5 dan 6 tentang haid melalui kegiatan kajian kitab Risalatul Mahid di Madrasah Ibtidaiyah Al- Muttaqien Gambiran Banyuwangi Tahun pelajaran 2018/2019. Untuk menjawab fokus penelitian di atas, peneliti menggunakan pendekatan penelitian kualitatif, dengan jenis penelitian lapangan (field research). Pemilihan subjek penelitian menggunakan teknik purposive. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun analisis data menggunakan model Miles dan Huberman yang meliputi pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Faktor-faktor yang melatarbelakangi diadakannya kegiatan kajian kitab Risalatul Mahid ada 3, yaitu: sesuai dengan visi misi Madrasah, banyak siswa yang belum memahami tentang permasalahan haid, dan tuntutan dari wali murid. 2) Bentuk pelaksanaan kegiatan kajian kitab Risalatul Mahid di Madrasah Ibtidaiyah Al-Muttaqien termasuk dalam pengembangan diri terprogram, kegiatannya rutin dilaksanakan setiap hari Kamis, pukul 12.15 WIB. Langkah kegiatannya meliputi kegiatan pendahuluan (salam pembuka, do’a bersama, dan memberi beberapa soal pancingan untuk siswa), kegiatan inti (penyampaian materi menggunakan metode tanya jawab), kegiatan penutup (memberikan beberapa pertanyaan secara lisan, do’a bersama, salam penutup). 3) Pemahaman siswa kelas 5 dan 6 tentang haid melalui kajian kitab Risalatul Mahid cukup baik dilihat dari hasil kegiatan evaluasi tes tulis yang menunjukkan nilai yang bagus. Pemahaman siswa tentang haid masuk dalam kategori pemahaman terjemahan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 13 Oct 2022 03:09
Last Modified: 13 Oct 2022 03:09
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/13643

Actions (login required)

View Item View Item