Peningkatan Kecerdasan Spiritual (SQ) Di MI Nurul Hidayah Patemon Kecamatan Tanggul Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2018/2019.

Supriyanto, Didik (2019) Peningkatan Kecerdasan Spiritual (SQ) Di MI Nurul Hidayah Patemon Kecamatan Tanggul Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, IAIN Jember.

[img] Text
Didik Supriyanto_084 134 048.pdf - Submitted Version

Download (4MB)

Abstract

Dalam membangun spiritualitas, maka membutuhkan spiritual quotient (SQ), yaitu kecerdasan untuk menghadapi dan memecahkan persoalan makna dan nilai, kecerdasan untuk menempatkan prilaku dan hidup kita dalam konteks makna yang lebih luas dan kaya, kecerdasan untuk menilai bahwa tindakan atau jalan hidup seseorang lebih bermakna dibandingkan dengan yang lain. Melalui penggunaan kecerdasan spiritualitas, sifat religius kita lebih terlatih melalui kejujuran serta amanah dalam menjalani kehidupan. Dengan demikian, orang yang bertakwa adalah orang yang bertanggung jawab, memegang amanah, dan penuh rasa cinta serta ikhlas dalam menjalan hidup ini. Berdasarkan penjelasan di atas, maka fokus penelitian dalam penelitian adalah: 1) Bagaimana upaya MI Nurul Hidayah Patemon Tanggul dalam meningkatkan kecerdasan spiritual (SQ) pada aspek penanaman makna hidup pada siswa ? 2) Bagaimana upaya MI Nurul Hidayah Patemon Tanggul dalam meningkatkan kecerdasan spiritual (SQ) pada aspek penanaman sikap fleksibel (adaptif) pada siswa ?. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan upaya MI Nurul Hidayah Patemon Tanggul dalam meningkatkan kecerdasan spiritual (SQ) pada aspek penanaman makna hidup pada siswa. 2)Untuk mendeskripsikan upaya MI Nurul Hidayah Patemon Tanggul dalam meningkatkan kecerdasan spiritual (SQ) pada aspek penanaman sikap fleksibel (adaptif) pada siswa. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif. Ciri-ciri dari penelitian deskriptif adalah titik berat pada observasi dan suasana alamiah (naturalistis setting) dengan jenis penelitian lapangan. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif. Sedangkan pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan. Pertama, pengembangan kecerdasan spiritual pada aspek penanaman makna kehidupan di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Hidayah Patemon Tanggul dengan merumuskan visi dan misi yang berpayung ajaran Islam, kemudian meralisasikan dengan cara meprogram kegiatan-kegiatan keagamaan hususnya yang rutin dilakukan di lingkungan masyarakat. Kedua, sikap flksibel itu sendiri ialah bisa diartikan sebuah sikap yang timbul ketika berinteraksi dengan orang lain atau ketika berhadapan dengan suatu hal. Dari hal tersebut di MI Nurul Hidayah Patemon Tanggul-Jember dalam proses belajar mengajar selalu atau sering menggunakan kegiatan belajar bersama dengan metode diskusi dan sebagainya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 13 Oct 2022 03:10
Last Modified: 13 Oct 2022 03:10
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/13645

Actions (login required)

View Item View Item