Implementasi Kurikulum Muatan Lokal Bahasa Using dalam Membentuk Karakter Siswa di MI Miftahul Huda Banjar Licin Banyuwangi Tahun Pelajaran 2017/2018

NUR ZAIDAH, ASTI WIDYA (2019) Implementasi Kurikulum Muatan Lokal Bahasa Using dalam Membentuk Karakter Siswa di MI Miftahul Huda Banjar Licin Banyuwangi Tahun Pelajaran 2017/2018. Undergraduate thesis, IAIN Jember.

[img] Text
ASTI WIDYA NUR ZAIDAH_084 144 051.pdf - Submitted Version

Download (1MB)

Abstract

Kurikulum muatan lokal bahasa using menjadi sangat penting karena tujuan yang dibawakannya adalah untuk membangun kecintaan terhadap bahasa ibu. Pelestarian budaya dan memaksimalkan penggunaan potensi daerah merupakan salah satu faktor yang menyebabkan adanya pengakuan dari bangsa-bangsa lain didunia. Sehingga budaya Indonesia dapat terjaga eksistensinya di tengah arus globalisasi dan modereniasi. Dari uraian diatas maka fokus penelitian ini adalah: (1) Bagaimana Implementasi kurikulum muatan lokal di MI Miftahul Huda Desa Banjar Kecamatan Licin Kabupaten Banyuwangi Tahun Pelajaran 2017/2018 ?, (2) Bagaimana Implementasi Kurikulum Muatan Lokal Bahasa Using Dalam Membentuk Karakter Peserta Didik di MI Miftahul Huda Desa Banjar Kecamatan Licin Kabupaten Banyuwangi Tahun Pelajaran 2017/2018 ? Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mendeskripsikan implementasi kurikulum muatan lokal di MI Miftahul Huda Desa Banjar Kecamatan Licin Kabupaten Banyuwangi Tahun Pelajaran 2017/2018, (2) Untuk mendeskripsikan implementasi kurikulum muatan lokal bahasa using dalam membentuk karakter peserta didik di Mi Miftahul Huda Desa Banjar Kecamatan Licin Kabupaten Banyuwangi Tahun Pelajaran 2017/2018. Adapun penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian menggunakan studi kasus. Subjek penelitian yang digunakan dalam penelitian kualitatif ini adalah Purposive Sampling, yaitu teknik pengambilan sampel data dengan pertimbangan tertentu Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Untuk kebsahan datanya menggunakan trianggulasi metode dan trianggulasi sumber. Berdasarkan hasil temuan skripsi ini berdasakan dari data di lapangan bahwa (1) Implementasi kurikulum muatan lokal di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Huda Banjar Licin Banyuwangi tahun pelajaran 2017/2018 adalah bertujuan untuk memudahkan peserta didik dalam mempelajari lingkungan sosial dan kebudayaan daerahnya, peserta didik dapat menjadikan kebudayaan lokal sebagai matapelajaran di kelas, peserta didik akan semakin akrab dengan lingkungan alam, sosial dan kebudayaan lokal yang melingkupinya, peserta didik dapat mengembangkan potensi pengetahun, keterampilan, sikap dan nilai-nilai yang menunjang pembangunan daerahnya, (2) Implementasi Kurikulum Muatan lokal Bahasa Using dalam membentuk karakter peserta didik di MI Miftahul Huda Desa Banjar Kecamatan Licin Kabupaten Banyuwangi Tahun Pelajaran 2017/2018 yakni Kurikulum muatan lokal bahasa Using memiliki penekanan pada wawasan dan pengembangan ilmu pengetahuan, tetapi juga menekankan pada pembentukan dan pembinaan karakter siswa melalui penguatan terhadap nilai-nilai kebudayaan hasil warisan leluhur.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 13 Oct 2022 03:10
Last Modified: 13 Oct 2022 03:10
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/13647

Actions (login required)

View Item View Item