Analisis Ketercapaian Tugas Perkembangan pada siswa pengguna Gadget di Kelas V SD Al – Baitul Amien Jember Tahun Pelajaran 2017 / 2018

MAGDALENA, MAULIDA CINDY (2019) Analisis Ketercapaian Tugas Perkembangan pada siswa pengguna Gadget di Kelas V SD Al – Baitul Amien Jember Tahun Pelajaran 2017 / 2018. Undergraduate thesis, IAIN Jember.

[img] Text
MAULIDA CINDY MAGDALENA_084 144 019.pdf - Submitted Version

Download (3MB)

Abstract

Dewasa ini gadget adalah benda yang digunakan oleh hampir setiap orang di semua lapisan masyarakat dan semua rentang usia, tak terkecuali anak – anak. Hampir seluruh anak telah terpapar gadget dan internet. Data menunjukkan ada beberapa kasus yang terjadi pada anak yang menggunakan gadget, diantaranya adalah kasus bulliying dan menyakiti dirinya sendiri keikadijauhkan dari HP. Maka dari itu penting untuk mengetahui tugas perkembangan. pada anak yang menggunakan gadget Berdasarkan hal tersebut Fokus penelitian ini adalah : 1) Bagaimana ketercapaian tugas perkembangan bahasa pada anak yang menggunakan gadget ? 2) Bagaimana ketercapaian tugas perkembangan kognitif pada anak yang menggunakan gadget ? 3) Bagaimana ketercapaian tugas perkembangan sosial pada anak yang menggunakan gadget ? Tujuan Penelitian ini adalah : 1) Mendeskripsikan ketercapaian tugas perkembangan bahasa pada anak kelas V SD yang menggunakan gadget di SD Al – Baitul Amien Jember ? 2) Mendeskripsikan ketercapaian tugas perkembangan kognitif pada anak kelas V SD yang menggunakan gadget di SD Al – Baitul Amien Jember ? 3) Mendeskripsikan ketercapaian tugas perkembangan sosial pada anak kelas V SD yang menggunakan gadget di SD Al – Baitul Amien Jember Pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu pendekatan penelitian kualitatif. Untuk mendapatkan data, peneliti menggunakan tiga teknik, yaitu, wawancara, obsevasi dan dokumentasi. Setelah mendapatkan data, peneliti akan mengecek keabsahan data dengan menggunakan teknik triangulasi, triangulasi yang akan digunakan adalah triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Setelah data dinyatakan valid peneliti akan menganalisis data menggunakan model John Creshwel, yaitu : Mengolah dan mempersiapkan data untuk dianalisis, membaca keseluruhan data, menganalisis lebih detail dengan mengcoding data, menginterpretasikan data, proses deskripsi, menerapkan proses coding. Kesimpulan dari skripsi ini adalah bahwa : 1) Pada aspek perkembangan sosial gadget juga cenderung memperkuat kehidupan berkelompok mereka di dunia maya. Mereka cenderung hanya berkomunikasi dan memposting hal – hal yang terkait dengan teman dekat mereka saja, yang mana hal itu membuat mereka semakin jauh dari teman – teman yang lain. 2) Pada aspek perkembangan kognitif anak, kemampuan mereka untuk beralih dari pola pikir kongkrit ke abstrak tetap berjalan dengan baik. 3) Pada aspek perkembangan bahasa anak, Penggunaan gadget membuat kosa kata kasar dan populer anak semakin berkembang, Dari uraian diatas dapat disimpulkan bahwa anak kelas V di SD Al-Baitul Amien yang menggunakan gadget beberapa orang terpapar bahasa kasar, dan sebagian lain senang dengan bahasa – bahasa yang sedang populer saat ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 13 Oct 2022 03:10
Last Modified: 13 Oct 2022 03:10
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/13648

Actions (login required)

View Item View Item