Pengaruh Metode Scramble Terhadap Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPA di Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif 56 Salafiyah Syafi’iyah Tempurejo Jember Tahun Pelajaran 2018/2019

KHOIRUN NISAK, ANIKMATUL (2019) Pengaruh Metode Scramble Terhadap Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPA di Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif 56 Salafiyah Syafi’iyah Tempurejo Jember Tahun Pelajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, IAIN Jember.

[img] Text
ANIKMATUL KHOIRUN NISAK_084 144 041.pdf - Submitted Version

Download (2MB)

Abstract

Banyak guru yang mengalami kesulitan untuk mengaktifkan siswa dalam belajar sehingga proses pembelajaran belum memenuhi standar proses sesuai dengan yang diharapkan. Salah satu kendalanya adalah minimnya sarana dan prasarana yang dimiliki madrasah, sehingga guru tidak bisa maksimal dalam memfasilitasi pembelajaran di kelas yang kemudian menimbulkan minimnya hasil belajar siswa yang masih terbilang dibawah standar minimal. Seiring perkembangnya zaman dan teknologi yang canggih guru dituntut memunculkan ide-ide baru dalam proses belajar mengajar yaitu melalui penggunaan metode pembelajaran. Penggunaan metode pembelajaran yang inovatif dapat melatih kemampuan siswa untuk mengingat sebuah materi. Penggunaan metode pembelajaran scramble di Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif 56 Salafiyah Syafi’iyah Tempurejo Jember merupakan suatu upaya yang dilakukan oleh guru untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam kemampuan daya ingat, konsentrasi dan kecepatan berpikir saat proses pembelajaran IPA yang berlangsung di kelas V. Sesuai dengan latar belakang tersebut dapat dirumuskan suatu permasalahan yaitu: Adakah pengaruh metode scramble terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA di kelas V Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif 56 Salafiyah Syafi’iyah Tempurejo Jember Tahun Pelajaran 2018/2019. Adapun tujuan dari rumusan masalah tersebut yaitu: Untuk mengetahui pengaruh metode scramble terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA di kelas V Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif 56 Salafiyah Syafi’iyah Tempurejo Jember Tahun Pelajaran 2018/2019. Pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan kuantitatif, sedangkan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dimana peneliti memberikan perlakuan pada subjek dan melihat pengaruhnya dalam eksperimen tersebut. Penentuan sampel menggunakan teknik sampling jenuh yaitu semua anggota populasi digunakan sebagai sampel. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi, sedangkan analisis datanya menggunakan rumus uji-t. Berdasarkan hasil yang diperoleh dari penelitian di Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif 56 Salafiyah Syafi’iyah Tempurejo Jember Tahun Pelajaran 2018/2019 menunjukkan bahwa: Ada pengaruh yang signifikan dengan menggunakan metode scramble terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA di kelas V dengan nilai thitung > ttabel (25,170 > 22,885).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 13 Oct 2022 03:10
Last Modified: 13 Oct 2022 03:10
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/13649

Actions (login required)

View Item View Item