Penerapan Project Bassed Learning (PJBL) pada Pembelajaran Tematik untuk Meningkatkan Kreativitas peserta didik di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Bondowoso Kelas V Tahun Pelajaran 2018/2019.

Dewi, Yeni Kurnia (2019) Penerapan Project Bassed Learning (PJBL) pada Pembelajaran Tematik untuk Meningkatkan Kreativitas peserta didik di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Bondowoso Kelas V Tahun Pelajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, IAIN Jember.

[img] Text
Yeni Kurnia Dewi_T20154007.pdf - Submitted Version

Download (13MB)

Abstract

Model pembelajaran merupakan bentuk pembelajaran yang tergambar dari awal sampai akhir disajikan secara khas oleh guru untuk membuat peserta didik aktif dan berpartisipasi dalam proses belajar mengajar. Project Bassed Learning (PJBL) adalah pembelajaran kerja proyek, dengan kreativitas dan motivasi meningkat. Penilaian proyek meliputi penilaian unjuk kerja dan hasil produk maka hal tersebut dapat dikatakan sebuah proyek karena penilaian dari proses hingga hasil. Selain penilaian proyek, juga melakukan penilaian terhadap kreativitas peserta didik sebagai alat untuk mengetahui peningkatan kreativitas peserta didik sebelum dan sesudah penerapan Project Bassed Learning (PJBL) pada pembelajaran tematik. Berdasarkan latar belakang tersebut maka fokus penilaian dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana penerapan Project Bassed Learning (PJBL) pada pembelajaran tematik untuk meningkatkan kreativitas peserta didik dalam aspek berfikir di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Bondowoso Kelas V Tahun Pelajaran 2018/2019?; 2) Bagaimana penerapan Project Bassed Learning (PJBL) pada pembelajaran tematik untuk meningkatkan kreativitas peserta didik dalam aspek sikap (afektif) di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Bondowoso kelas V Tahun Pelajaran 2018/2019?. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah: 1) untuk mendeskripsikan penerapan Project Bassed Learning (PJBL) pada pembelajaran tematik untuk meningkatkan kreativitas peserta didik dalam aspek berfikir di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Bondowoso Kelas V Tahun Pelajaran 2018/2019; 2) untuk mendeskripsikan penerapan Project Bassed Learning (PJBL) pada pembelajaran tematik untuk meningkatkan kreativitas peserta didik dalam aspek sikap (afektif) di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Bondowoso Kelas V Tahun Pelajaran 2018/2019. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini, adalah Pendekatan Kualitatif, dengan jenis penelitian Deskriptif. Penentuan subjek penelitian peneliti menggunakan Purposive Sampling. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan pengumpulan data, kondensasi, penyajian data, kesimpulan. Keabsahan data dengan menggunakan trianggulasi teknik dan sumber. Adapun hasil dari penelitian ini adalah: 1) Penerapan Project Bassed Learning (PJBL) pada pembelajaran tematik dapat meningkatkan kreativitas peserta didik dalam aspek berfikir dengan beberapa tahap yaitu: a). Tahap perencanaan dilakukan dengan menyiapkan materi, menentukan alat dan bahan, membuat langkah kerja, menyiapkan media, metode, sekaligus strategi, serta melakukan sosialisasi kepada peserta didik; b). Tahap pelaksanaannya ialah dimulai melakukan apersepsi, merumuskan masalah dari pertanyaan peserta didik, membuat kerangka proyek, menulis rencana atau rancangan proyek, melaksanakan proyek dengan membuat undangan, mempresentasikan hasil

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 13 Oct 2022 07:26
Last Modified: 13 Oct 2022 07:26
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/13650

Actions (login required)

View Item View Item