Penggunaan Media Big Book untuk Melatih Kemampuan Bahasa Pada Siswa Kelompok B Ra Nurussalam Desa Ampel Kecamatan Wuluhan Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2018/2019

WIDIAWATI, ERNA (2019) Penggunaan Media Big Book untuk Melatih Kemampuan Bahasa Pada Siswa Kelompok B Ra Nurussalam Desa Ampel Kecamatan Wuluhan Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, IAIN Jember.

[img] Text
ERNA WIDIAWATI_T201511018.pdf - Submitted Version

Download (2MB)

Abstract

Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) merupakan pendidikan yang paling mendasar dan menempati kedudukan sebagai golden age (masa keemasan) dan sangat strategis dalam pengembangan sumber daya manusia (Direktorat PAUD,2005). Rentang anak usia dini dari lahir sampai usia enam tahun adalah usia kritis sekaligus strategis dalam proses pendidikan dan dapat mempengaruhi proses serta hasil pendidikan seseorang selanjutnya artinya pada periode ini merupakan periode yang mendukung untuk menumbuh kembangkan berbagai kemampuan, kecerdasan, bakat, kemampuan fisik, kognitif, bahasa, sosialemosional dan spritual. Fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimana perencanaan pembelajaran menggunakan media big book dalam melatih kemapuan bahasa pada siswa kelompok B RA Nurussalam Desa Ampel Kecamatan Wuluhan Kabupaten Jember? 2) Bagaimana pelaksnaan pembelajaran menggunakan media big book dalam melatih kemapuan bahasa pada siswa kelompok B RA Nurussalam Desa Ampel Kecamatan Wuluhan Kabupaten Jember? 3) Bagaimana evaluasi pembelajaran menggunakan media big book dalam melatih kemapuan bahasa pada siswa kelompok B RA Nurussalam Desa Ampel Kecamatan Wuluhan Kabupaten Jember?. Adapun tujuan penelitian untuk mendiskripsikan 1) Mendiskripsikan perencanaan pembelajaran menggunakan media big book dalam melatih kemapuan bahasa, 2) Mendiskripsikan pembelajaran menggunakan media big book dalam melatih kemapuan bahasa, dan 3) Mendiskripsikan evaluasi pembelajaran menggunakan media big book. Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dan jenis penelitian field research. Penentuan subjek penelitian menggunakan tehnik populasi. Sementara pengumpulan data menggunakan tiga tehnik, yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Selanjutnya untuk analisis data, penelitian ini menggunakan analisis data deskriptif, yaitu kondensasi data, penyajian data, dan kesimpulan. Keabsahan data, peneliti menggunakan uji kredibilitas dengan melakukan peningkatan ketekunan, trianggulasi, dan menggunakan bahan refrensi buku. Hasil penelitian ini yaitu: 1) Perencanaan perencanaan pembelajaran menggunakan media big book adalah dengan menyiapkan materi (RPPH) dan memahami isi, langkah-langkahnya seperti, metode, media, waktu. 2) pelaksanaan pembelajaran menggunakan media big book dilakukan dengan metode bercerita, 3) evaluasi pembelajaran menggunakan media big book dilakukan dengan tebak gambar, menyebutkan anggota tubuh, dapat bertanya dan menjawab.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 13 Oct 2022 07:26
Last Modified: 13 Oct 2022 07:26
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/13651

Actions (login required)

View Item View Item