Manajemen Kurikulum Muatan Lokal di MTs Darullughah Wal Karomah Sidomukti-Kraksaan-Probolinggo Tahun Pelajaran 2018/2019

ROHMAH, VAIQOTUR (2019) Manajemen Kurikulum Muatan Lokal di MTs Darullughah Wal Karomah Sidomukti-Kraksaan-Probolinggo Tahun Pelajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, IAIN Jember.

[img] Text
VAIQOTUR ROHMAH_T20153073.pdf - Submitted Version

Download (16MB)

Abstract

Kurikulum muatan lokal diartikan sebagai pengelolaan program pendidikan yang berisikan berbagai bahan ajar serta pengalaman belajar sesuai dengan keadaan dan kebutuhan dari lingkungan sekitar tersebut yang mana tujuannya ialah dapat menumbuhkan pengetahuan serta keterampilan terhadap diri peserta didik. Fokus penelitian dalam penelitian ini meliputi: 1)Bagaimana perencanaan kurikulum muatan lokal di MTs Darullughah Wal Karomah Sidomukti-Kraksaan- Probolinggo Tahun Pelajaran 2018/2019? 2)Bagaimana pelaksanaan kurikulum muatan lokal di MTs Darullughah Wal Karomah Sidomukti-Kraksaan- Probolinggo Tahun Pelajaran 2018/2019? 3)Bagaimana evaluasi kurikulum muatab lokal di MTs Darullughah Wal Karomah Sidomukti-Kraksaan- Probolinggo Tahun Pelajaran 2018/2019? Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi kurikulum muatan lokal di MTs Darullughah Wal Karomah Tahun Pelajaran 2018/2019. Untuk mengidentifikasi fokus masalah tersebut, maka pada penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Sesuai dengan jenis penelitian tersebut pengumpulan data menggunakan Observasi, Wawancara, dan Dokumentasi. Penentuan subjek penelitian menggunakan purposive sampling, sedangkan untuk keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitiannya adalah: 1)Perencanaan kurikulum muatan lokal di MTs Darullughah Wal Karomah ialah merumuskan tujuan berupa penyelenggaraan program akselerasi berupa Nubdatul Bayan dan Tahfidz Quran serta melakukan kerjasama dengan lembaga lain 2)pelaksanaan kurikulum muatan lokal di MTs Darullughah Wal Karomah berupa pengembangan program dengan kegiatan pembelajaran dalam durasi 2 jam Nubdah dan 70 menit Tahfidz setiap pertemuan 3)Evaluasi kurikulum muatan lokal di MTs Darullughah Wal Karomah evaluasi program melalui dua tahap, yaitu evaluasi program pembelajaran serta evaluasi hasil implementasi kurikulum yang dapat dilihat dalam jangka panjang.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 13 Oct 2022 07:26
Last Modified: 13 Oct 2022 07:26
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/13653

Actions (login required)

View Item View Item