Implementasi Metode Baca Delila dalam Mengatasi Buta Aksara di Desa Sumberkatimoho, Probolinggo

LOWATI, SUSI (2019) Implementasi Metode Baca Delila dalam Mengatasi Buta Aksara di Desa Sumberkatimoho, Probolinggo. Undergraduate thesis, IAIN Jember.

[img] Text
SUSILOWATI_T20151228.pdf - Submitted Version

Download (42MB)

Abstract

Masyarakat Penyandang buta aksara merupakan penghambat utama baginya untuk bisa mengakses informasi, mengembangkan pengeteahuannya sehingga mereka tidak mampu beradaptasi dengan baik. Untuk Itulah PKBM mempunyai keharusan untuk mengatasi buta aksara dengan menggunakan metode yang tepat berdasarkan keadaan warga belajar. Metode Baca Delila merupakan salah satu metode yang digunakan oleh PKBM Supriadi krejengan, Kabupaten Probolinggo. Metode ini di cetuskan oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Probolinggo yang bertujuan untuk mendukung salah satu program dari PKBM yaitu mengatasi buta aksara. Metode ini bertujuan untuk memudahkan warga belajar dalam proses pembelajaran. Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah: Bagaimanakah Proses Pelaksanaan Pembelajaran menggunakan Metode Baca Delila Dalam Mengatasi Buta Aksara di Desa Sumberkatimoho Kecamatan Krejengan Kabupaten Probolinggo?. Tujuan penelitian ini adalah Untuk Mendeskripsikan Proses pelaksanaan Pembelajaran menggunakan Metode Baca Delila dalam Mengatasi Buta Aksara di Desa Sumberkatimoho Kecamatan Krejengan Kabupaten Probolinggo. Penelitian ini menggunakan Pendekatan Studi Kasus dengan jenis penelitian Kualitatif. Penentuan Subyek penelitian dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data secara interaktif model milles and Huberman, dengan langkah-langkah yaitu pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Keabsahan data yang digunakan yaitu Triangulasi sumber dan Triangulasi teknik. Hasil penelitian ini adalah: Perencanaan penerapan metode baca delila dalam mengatasi buta aksara di Desa Sumberkatimoho telah diterapkan dalam bentuk Tujuan Pembelajaran, Penentuan Materi Warga Belajar, Menentukan Tutor. Pelaksanaan penerapan metode baca delila dalam mengatasi buta aksara di Desa Sumberkatimoho telah diterapkan dalam bentuk Pendahuluan, kegiatan Inti, Penutup. Selain itu di dalam pelaksanaan terdapat dua faktor, yaitu faktor pendukung dan penghambat, adapun faktor pendukung diantara: adanya semangat yang tinggi pada warga belajar, mendapatkan dukungan dari keluarga, perangkat desa beserta Masyarakat mengenai adanya program tersebut. Adapun faktor penghambat diantaranya: Warga belajar orang dewasa atau berusia lanjut, situasi dan kondisi yang tidak mendukung, serta waktu yang relatif singkat. Evalusi penerapan metode baca delila dalam mengatasi buta aksara di Desa Sumberkatimoho telah diterapkan dalam bentuk tes dan non tes.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 13 Oct 2022 07:26
Last Modified: 13 Oct 2022 07:26
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/13655

Actions (login required)

View Item View Item