Implementasi Pembelajaran Aswaja Menanamkan Kecerdasan Spiritual (Spiritual Quontient) Siswa di Madrasah Aliyah Al-Amien Ambulu Jember Tahun Ajaran 2018/2019

NUR HUDA, IKHWAN (2019) Implementasi Pembelajaran Aswaja Menanamkan Kecerdasan Spiritual (Spiritual Quontient) Siswa di Madrasah Aliyah Al-Amien Ambulu Jember Tahun Ajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, IAIN Jember.

[img] Text
IKHWAN NUR HUDA_084 141486.pdf - Submitted Version

Download (4MB)

Abstract

Madrasah Aliyah Al-Amien merupakan madrasah yang berdiri di bawah naungan Yayasan Pondok Pesantren Al-Amien.Madrasah Aliyah Al-Amien merupakan salah satu madrasah yang menerapkan pembelajaran aswajah. Pembelajaran ini bertujuan diharapkan dari out put peserta didik Madrasah Aliyah Al-Amien dapat mengamalkan dan memahami betul Aqidah Ahlusunah wal Jamaah secara utuh dalam segi ibadah maupun amaliyah. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka ditemukan focus penelitian sebagai berikut: (1) Bagaimanakah Perencanaan Pembelajaran Aswaja Menanamkan Kecerdasan Spiritual (Spiritual Quontient) Siswa di Madrasah Aliyah Al-Amien Ambulu Jember Tahun Pelajaran 2018/2019? (2) Bagaimanakah Proses Pembelajaran Aswaja Menanamkan Kecerdasan Spiritual (Spiritual Quontient) Siswa di Madrasah Aliyah Al-Amien Ambulu Jember Tahun Pelajaran 2018/2019? (3) Bagaimanakah Evaluasi Pembelajaran Keaswajaan Menanamkan Kecerdasan Spiritual (Spiritual Quontient) Siswa di Madrasah Aliyah Al-Amien Ambulu Jember TahunPelajaran 2018/2019? Pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis kualitatif deskriptif. Penentuan subyek penelitian secara purposive (bertujuan).Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan pernyataan Miles dan Huberman dengan langkah langkahnya yaitu :reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Keabsahan data yang digunakan yaitu dengan trianggulasi sumber dan teknik. Hasil penelitianya adalah : (1) Perencanaan Pembelajaran Aswaja Menanamkan Kecerdasan Spiritual (Spiritual Quontient) Siswa di Madrasah Aliyah Al-Amien yaitu guru menyusun silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). (2) Pelaksanaan Pembelajaran Aswaja Menanamkan Kecerdasan Spiritual (Spiritual Quontient) Siswa di Madrasah Aliyah Al- Amien yaitu dengan melaksanakan pembelajaran klasikal berupa kegiatan pendahuluan, kegiatan inti dan kegiatan penutup serta melaksanakan pembelajaran non klasikal yaitu berupa sorogan, wetonan dan mudzakaroh. (3) Evaluasi Pembelajaran Aswaja Menanamkan Kecerdasan Spiritual (Spiritual Quontient) Siswa di Madrasah Aliyah Al-Amien yaitu dengan menggunakan evaluasi formatif, beruapa hafalan, Tanya jawab, dan ulangan harian serta penilaian sumatif berupa penilaian pada akhir semester

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 13 Oct 2022 07:25
Last Modified: 13 Oct 2022 07:25
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/13656

Actions (login required)

View Item View Item