Implementasi Pemenuhan Hak Narapidana Selama Dalam Lembaga Pemasyarakatan Perspektif Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2022 Tentang Pemasyarakatan (Studi di Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Probolinggo)

Firdausiah, Jinani (2022) Implementasi Pemenuhan Hak Narapidana Selama Dalam Lembaga Pemasyarakatan Perspektif Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2022 Tentang Pemasyarakatan (Studi di Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Probolinggo). Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
JINANI FIRDAUSIAH_S20184063.pdf

Download (3MB)

Abstract

Konsep sistem pemasyarakatan mewujudkan urgensi terhadap pelayanan pemasyarakatan yang lebih integratif. Sehingga lembaga pemasyarakatan memiliki kewajiban untuk melaksanakan pemenuhan hak narapidana yang sesuai dengan perspektif undang-undang. Namun, dalam fakta sosial, beberapa lembaga pemasyarakatan di Indonesia mengalami kelebihan kapasitas huni. Begitu pula dengan Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Probolinggo. Kondisi ini tentu saja memiliki pengaruh terhadap pemenuhan hak yang dilaksanakan oleh suatu lembaga pemasyarakatan. Oleh karena itu berdasarkan latar belakang tersebut penelitian skripsi ini memiliki fokus penelitian: 1) Bagaimana implementasi pemenuhan hak-hak Narapidana menurut Undang-undang Nomor 22 Tahun 2022 tentang Pemasyarakatan di Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Probolinggo?, 2) Bagaimana kendala yang dihadapi dalam mengimplementasikan pemenuhan hak-hak Narapidana di Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Probolinggo? Tujuan Penelitian ini ialah: 1) Mengetahui pemenuhan hak-hak Narapidana menurut Undang-undang Nomor 22 Tahun 2022 tentang Pemasyarakatan di Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Probolinggo, 2) Mengetahui kendala yang dihadapi dalam pemenuhan hak-hak narapidana di Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Probolinggo.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research) dalam rangka memperoleh data yang dibutuhkan peneliti menggunakan tekhnik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dokumentasi. Peneliti menganalisis data dengan kondensasi data, penyajian data dan kesimpulan.
Penelitian ini memiliki kesimpulan pemenuhan hak narapidana berdasarkan Pasal 9 dan 10 Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2022 di Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Probolinggo belum dapat dilaksanakan dengan maksimal. Kendala yang dihadapi dalam mengimplementasikan pemenuhan hak-hak Narapidana di Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Probolinggo ialah adanya overcapacity yang menimbulkan kendala dalam mengimplementasikan pemenuhan hak, seperti, ruang kegiatan terbatas, kamar hunian yang bertumpuk dan kumuh, fasilitas sarana dan prasarana yang mengalami overload. Namun Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB berupaya melaksanakan upaya penunjangan fasilitas sarana-prasarana, inovasi layanan dan penguatan sistem pemasyarakatan.

Kata kunci: Hak Narapidana, Narapidana, Lembaga Pemasyarakatan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180110 Criminal Law and Procedure (incl. Islamic Criminal Law, Jinayat)
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Pidana Islam
Depositing User: Jinani Firdausiah
Date Deposited: 13 Oct 2022 07:25
Last Modified: 13 Oct 2022 08:11
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/13660

Actions (login required)

View Item View Item