Implementasi Literasi Digital dalam Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru Mata Pelajaran PAI dan Budi Pekerti di SMP Negeri 3 Balung Jember.

Tri Jayanti, Reni Rizkiani (2019) Implementasi Literasi Digital dalam Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru Mata Pelajaran PAI dan Budi Pekerti di SMP Negeri 3 Balung Jember. Undergraduate thesis, IAIN Jember.

[img] Text
Reni Rizkiani Tri Jayanti_T20151038.pdf - Submitted Version

Download (5MB)

Abstract

Perkembangan media digital dan teknologi informasi saat ini memberikan tantangan bagi pengguna dalam mengakses, memilih, dan memanfaatkan informasi dan kemampuan dalam menelusuri informasi tersebut, membutuhkan ketepatan dan kualitas informasi yang diperoleh oleh pengguna. Kemampuan inilah yang saat ini dengan literasi yang dipahami lebih sekedar kemampuan membaca dan menulis. Namun, lebih dari itu literasi merupakan kemampuan individu untuk menggunakan segenap potensi dan skill yang dimiliki dalam kehidupan. Guru sebagai pondasi utama dalam pendidikan, perlu adanya inovasi dalam proses pembelajaran seperti memanfaatkan media digital, lab komputer dan lain sebagainya sebagai bentuk mengikuti perkembanga zaman yang serba digital. Fokus penelitian ini adalah: 1). Bagaimana pemanfaatan literasi digital pada perencanaan pembelajaran dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti di SMP Negeri 3 Balung? 2). Bagaimana pemanfaatan literasi digital pada pelaksanaan pembelajaran dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti di SMP Negeri 3 Balung Jember? 3). Bagaimana pemanfaatan literasi digital pada evaluasi pembelajaran dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti di SMP Negeri 3 Balung Jember? Penelitian ini bertujuan untuk mendeksripsikan pemanfaatan literasi digital pada perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru PAI dan Budi Pekerti di SMPN 3 Balung Jember. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, jenis penelitian lapangan (field Research), pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi, analisis data menggunakan pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) pada perencanaan pembelajaran menunjukkan pemanfaatan media komputer dan penggunaan internet dalam penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) dalam panduan MGMP. 2) Pada pelaksanaan pembelajaran dalam pemanfaatan literasi digital, guru sudah memanfaatkan jaringan internet (pencarian materi) dalam penugasan pembelajaran, kendala guru dalam memanafaatkan jaringan internet (pencarian materi) yaitu sebagian peserta didik merasa enggan ketika diberi tugas untuk mencari materi di internet, kurangnya media digital atau teknologi dalam menunjang proses pembelajaran, dan kemampuan guru dalam menggunakan media alternatif terkait kendala yang dialami guru dalam proses pembelajaran 3) Pemanfaatan literasi digital pada evaluasi pembelajaran adalah penerapan e-rapor untuk kelas VII dan VIII.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 13 Oct 2022 07:25
Last Modified: 13 Oct 2022 07:25
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/13673

Actions (login required)

View Item View Item