Peran Dinas Lingkungan Hidup dalam pengawasan tambang pasir ilegak di Kabupaten Lumajang

Alwiyah, Amrina tisátul (2022) Peran Dinas Lingkungan Hidup dalam pengawasan tambang pasir ilegak di Kabupaten Lumajang. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
AMRINA TISATUL ALWIYAH WATERMARK.pdf

Download (3MB)

Abstract

Kegiatan usaha tambang ini menimbulkan permasalahan yang disebabkan oleh para pelaku tambang pasir ilegal yang tidak memiliki izin usaha kegiatan tambang pasir, melakukan penambangan tidak sesuai dengan yang di tuangkan dalam Undang-undang Nomor 4 tahun 2009 Tentang Pertambangan Mineral dan Batubara. Dinas Lingkungan Hidup adalah organisasi yang tugas dan wewenangnya melakukan pengawasan terhadap perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup di Kabupaten Lumajang. Penelitian ini dilakukan guna mengetahui peran Badan Lingkungan Hidup dalam melakukan Pengawasan penambangan Pasir Ilegal di Kabupaten Lumajang.
Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaiamana peran Dinas Lingkungan Hidup dalam kegiatan tambang pasir di Kabupaten Lumajang? 2) Bagaimana pengawasan yang dilakukan oleh Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Lumajang terhadap kegiatan tambang pasir ilegal di Kabupaten Lumajang?
Adapun Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian menganalisis data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian yang diperoleh Peneliti bahwa Dinas Lingkungan Hidup berdasarkan Undang-undang sudah melakukan perannya yakni menjaga komitmen dalam hal perizinan, melakukan pembinaan dan Pengawasan. Pengawasan yang dilakukan oleh dinas lingkungan Hidup sesuai SOP dan dilakukan sesuai kewenangan yang mereka miliki. Bentuk pengawasan diterapkan ada dua Preventif dan Represif. Kesimpulan dari penelitian diatas yaitu 1) Dinas Lingkungan Hidup sudah melakukan perannya sebagai wadah dan bertanggung jawab memegang perizinan serta pengelolaan dan perlindungan lingkungan hidup pengusaha tambang. Peran Dinas Lingkungan Hidup dalam Kegiatan Tambang Pasir sendiri yaitu melakukan pemantauan, kontrol, meminta keterangan, membuat penyalinan dokumen, memasuki wilayah usaha, memeriksa dan menghentikan penyimpangan dan merekomendasikan pencabutan perizinan kepada yang memberikan izin. 2) Dinas Lingkungan Hidup kab. Lumajang melakukan pengawasan dengan tujuan agar dalam kegiatan menjadi terstruktur dan sesuai dengan rencana awal. Pengawasan yang sudah dilakukan disimpulkan belum optimal, karena masih ada kegiatan tambang pasir tidak sesuai yang dilakukan oleh individu atau kelompok. Dinas Lingkungan Hidup memiliki keterbatasan dalam memberikan sanksi yakni sebatas memberikan sanksi teguran dan sanksi administrasi.
kata kunci: Peran; Pengawasan; Tambang Ilegal

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180103 Administrative Law
18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180119 Law and Society
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Tata Negara
Depositing User: Amrina Amrin Amrin
Date Deposited: 13 Oct 2022 09:00
Last Modified: 13 Oct 2022 09:00
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/13676

Actions (login required)

View Item View Item