Pengamalan tarekat naqsabandiyah mujaddadiyah khalidiyah dalam meningkatkan kecerdasan spiritual santri pondok pesantren Nurul-Falah Sempusari Kaliwates Jember.

TAMAM, BADRUT (2020) Pengamalan tarekat naqsabandiyah mujaddadiyah khalidiyah dalam meningkatkan kecerdasan spiritual santri pondok pesantren Nurul-Falah Sempusari Kaliwates Jember. Undergraduate thesis, IAIN Jember.

[img] Text
BADRUT TAMAM_T20151149.pdf - Submitted Version

Download (5MB)

Abstract

Pengamalan tarekat naqsabandiyah mujaddadiyah khalidiyah merupkan salah satu jalan untuk mendekatkan diri kita kepada Allah SWT, yang mana didalam tarekat tersebut ada hal-hal yang harus dilalui, agar tujuan utamanya tercapai, yaitu ma’rifatullah. Disisi lain, pengamalan tarekat naqsabandiyah mujaddadiyah khalidiyah dapat meningkatkan kecerdasan santri, karena didalam pengamalanya terdapat amalan-amalan yang mana amalan tersebut berkaitan dengan tuhanya, salah satunya ialah berdzikir kepada Allah SWT. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: Bagaimana pengamalan tarekat naqsabandiyah mujaddadiyah khalidiyah dalam meningkatkan kecerdasan spiritual santri pondok pesantren nurul-falah sempusari kaliwates jember? Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pengamalan tarekat naqsabandiyah mujaddadayah khalidiyah dalam meningkatkan kecerdasan spiritual santri pondok pesantren Nurul Falah Sempusari Kaliwates Jember Tahun 2018/2019. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif menggunakan penelitian lapangan. Teknik pengumpulan data dalam skripsi ini adalah dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi dari data yang sudah terkumpul kemudian dianalisis menggunakan analisis deskriptif dengan teknik reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Untuk menguji keabsahan data peneliti menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini diperoleh kesimpulan yaitu: Pengamalan tarekat naqsabandiyah mujaddadiyah khalidiyah dalam meningkatkan kecerdasan spiritual santri pondok pesantren Nurul Falah Sempusari Kaliwates Jember. Diawali dengan dibaiatnya santri yang sudah mendapat izin terlebih dahulu oleh Kiai Badrun Fawaidi, setelah itu santri dianjurkan melakukan khalwat serta penyucian jiwa dan dilakukan setiap malam selasa dan jumat, setelah melaksanakan khalwatan, santri diberi kajian kitab musyafatul qulub hidayah yang bertujuan memantapkan pentingnya mendekatkan diri kepada Allah. Selain itu santri dianjurkan mengamalakan amalan-amalan yang sudah terdapat pada buku pedoman dzikir yang diberikan oleh Kiai Badrun Fawaidi selaku mursyid tarekat naqsabandiyah mujaddadiyah khalidiyah Sempusari Kaliwates Jember. dan hasilnya adalah membentuk kepribadian santri sangat baik serta tingkat kesadaran beribadah kepada Allah dan dzikrullah sangat tinggi sehingga jiwa mereka selalu akan lindungan Allah dan ketentraman hati dalam mengahadapi hidup sangat nampak.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 13 Oct 2022 08:04
Last Modified: 13 Oct 2022 08:04
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/13679

Actions (login required)

View Item View Item