Pengaruh Penerapan Virtual Laboratory terhadap Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik Kelas VIII pada Materi Gaya dan Gerak Benda di MTs Negeri 1 Jember.

Rembulan, Cincin Nohan (2020) Pengaruh Penerapan Virtual Laboratory terhadap Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik Kelas VIII pada Materi Gaya dan Gerak Benda di MTs Negeri 1 Jember. Undergraduate thesis, IAIN Jember.

[img] Text
Cincin Nohan Rembulan_T201510004.pdf - Submitted Version

Download (40MB)

Abstract

Berdasarkan hasil observasi dan wawancara di MTs Negeri 1 Jember, terdapat beberapa fakta yang muncul dalam pembelajaran salah satunya adalah peserta didik kurang memunculkan pertanyaan yang bersifat aplikatif dan kemampuan peserta didik dalam mengidentifikasi suatu permasalahan sesuai konsep sains juga masih rendah, sehingga dapat diartikan bahwa literasi sains peserta didik di MTs Negeri 1 Jember tergolong rendah. Literasi sains merupakan kompetensi yang harus dimiliki oleh setiap peserta didik untuk membentuk peserta didik yang mampu memecahkan permasalahan yang sedang terjadi di masyarakat. Salah satu penerapan pembelajaran yang memberikan pengaruh positif terhadap literasi sains adalah pembelajaran IPA berbasis virtual laboratory yang dapat memperkuat kemampuan memahami sains dalam konteks nyata. Berdasarkan latar belakang yang telah dijabarkan di atas, maka dapat ditetapkan rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh penerapan virtual laboratory terhadap kemampuan literasi sains peserta didik kelas VIII di MTs Negeri 1 Jember pada materi Gaya dan Gerak Benda? Secara umum penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh dari penerapan virtual laboratory terhadap kemampuan literasi sains peserta didik kelas VIII di MTs Negeri 1 Jember pada materi Gaya dan Gerak Benda. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Experimental Design (desain eksperimen semu). Jenis rancangan penelitian yang digunakan adalah Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini yaitu kelas VIII di MTs Negeri 1 Jember dan sampel yang dipilih dengan purposive sampling yaitu kelas VIII B sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII C sebagai kelas kontrol. Literasi sains diukur dengan menggunakan instrumen berupa tes uraian yang diadaptasi dan instrumen ini tetap melalui tahap uji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran serta daya pembeda. Hasil tes uji prasyarat menggunakan normalitas dengan Kolmogorov Smirnov dan homogenitas menggunakan One-Way ANOVA. Kemudian dilakukan uji hipotesis menggunakan uji Z dengan taraf signifikansi 0,05 dengan bantuan program IBM SPSS Statistics 25. Hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata literasi sains pada nilai signifikansi pretest (2-tailed) sebesar 0,403 > 0,05 sehingga H0 diterima dan Ha ditolak, artinya tidak ada pengaruh yang signifikan antara kemampuan literasi sains peserta didik kelas eksperimen dan kelas kontrol. Sedangkan pada nilai posttest memiliki nilai signifikansi 0,001 < 0,005 sehingga H0 ditolak dan Ha diterima, artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara kemampuan literasi sains peserta didik kelas eksperimen yang diberi penerapan virtual laboratory dan kelas kontrol yang menerapkan pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Islam
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 13 Oct 2022 08:37
Last Modified: 13 Oct 2022 08:37
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/13680

Actions (login required)

View Item View Item