Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an Pada Siswa Tunanetra di SLB-A Taman Pendidikan Asuhan (TPA) Kec. Patrang Kab. Jember Tahun Pelajaran 2019/2020.

DESIANA, EVA PUTRI (2019) Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an Pada Siswa Tunanetra di SLB-A Taman Pendidikan Asuhan (TPA) Kec. Patrang Kab. Jember Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, IAIN Jember.

[img] Text
EVA PUTRI DESIANA_T20151309.pdf - Submitted Version

Download (4MB)

Abstract

Keterbatasan Fisik dan kemampuan siswa dalam belajar dan menulis Al- Qur’an salah satu yang menjadi alasan dalam pemilihan judul penelitian ini. Pembelajaran baca tulis Al-Qur’an pada siswa tunanetra ini merupakan salah satu layanan pendidikan dan sebagai bentuk perhatian khusus yang diberikan bagi anak penyandang cacat di SLB-A Taman Pendidikan Asuhan (TPA) Jember karena setiap anak berhak mendapatkan pendidikan baik anak yang normal maupun anak yang memilki kekurangan fisik. Fokus penelitian dalam skripsi ini mengkaji 3 pembahasan yaitu: (1) Bagaimana perencanaan pembelajaran baca tulis Al-Qur’an pada siswa tunanetra di SLB-A Taman Pendidikan Asuhan (TPA) Jember tahun pelajaran 2019/2020? (2) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran baca tulis Al-Qur’an pada siswa tunanetra di SLB-A Taman Pendidikan Asuhan (TPA) Jember tahun pelajaran 2019/2020? (3) Bagaimana evaluasi pembelajaran baca tulis Al-Qur’an pada siswa tunanetra di SLBA Taman Pendidikan Asuhan (TPA) Jember tahun pelajaran 2019/2020?. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan perencanaan pembelajaran baca tulis Al-Qur’an pada siswa tunanetra di SLB-A Taman Pendidikan Asuhan (TPA) Jember tahun pelajaran 2019/2020. (2) Untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran baca tulis Al-Qur’an pada siswa tunanetra di SLB-A Taman Pendidikan Asuhan (TPA) Jember tahun pelajaran 2019/2020. (3) Untuk mendeskripsikan evaluasi pembelajaran baca tulis Al-Qur’an pada siswa tunanetra di SLB-A Taman Pendidikan Asuhan (TPA) Jember tahun pelajaran 2019/2020. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, yaitu jenis penelitian deskriptif. Lokasi penelitian ini di SLB-A Taman Pendidikan Asuhan (TPA) Kec. Patrang Kab. Jember. Penentuan informan menggunakan purposive. Tekhnik pengumpulan data menggunakan: observasi, wawancara dan documenter. Adapun analisis data menggunakan empat langkah yaitu Pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi tekhnik. Hasil penelitian ini yaitu: (1) perencanaan pembelajaran baca tulis Al-Qur’an sama saja dengan perencanaan pembelajaran pada umumnya hanya saja ada beberapa yang harus disesuaikan dengan peserta didik tunanetra. (2) Pelaksanaan pembelajaran baca tulis Al-Qur’an guru mendayagunakan media pembelajaran, metode pembelajaran dan sumber belajar. (3) Di SLB-A Taman pendidikan Asuhan (TPA) Jember menggunakan dua evaluasi yaitu evaluasi formatif dan evaluasi sumatif yang dalam pelaksanaanya disesuaikan dengan kemampuan masing-masing siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 13 Oct 2022 08:37
Last Modified: 13 Oct 2022 08:37
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/13681

Actions (login required)

View Item View Item