Pembelajaran Kitab Safinah Awwaluma Dalam Membentuk Perilaku Ibadah Santri Di Pondok Pesantren Raudlatussalam Dusun Gunungsari Desa Sumbergondo Kecamatan Glenmore Kabupaten Banyuwangi Tahun 2019

Ramadhani, Lia Ainurisma (2020) Pembelajaran Kitab Safinah Awwaluma Dalam Membentuk Perilaku Ibadah Santri Di Pondok Pesantren Raudlatussalam Dusun Gunungsari Desa Sumbergondo Kecamatan Glenmore Kabupaten Banyuwangi Tahun 2019. Undergraduate thesis, IAIN Jember.

[img] Text
Lia Ainurisma Ramadhani_T20151261.pdf - Submitted Version

Download (5MB)

Abstract

Adapun alasan peneliti mengangkat judul ini dikarenakan adanya permasalahan yang mana santri belum bisa melaksanakan ibadah dengan istiqomah, membuat peneliti merasa tertarik untuk meneliti lebih jauh mengenai proses pembelajaran kitab safinah awwaluma. Dan keunikan dari kitab ini ialah kitabnya yang hanya membahas 1 bab saja yaitu bab tentang ibadah sholat dan isi dari kitabnya yang dasar sehingga memudahkan santri baru untuk memahami isi dari kitab tersebut. Fokus dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana pengetahuan santri terhadap ibadah melalui pembelajaran Kitab Safinah Awwaluma di Pondok Pesantren Raudlatussalam dusun Gunungsari Desa Sumbergondo Kecamatan Glenmore kabupaten Banyuwangi tahun 2019? 2) Bagaimana pelaksanaan ibadah santri melalui pembelajaran Kitab Safinah Awwaluma di Pondok Pesantren Raudlatussalam dusun Gunungsari Desa Sumbergondo Kecamatan Glenmore kabupaten Banyuwangi tahun 2019? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif jenis field reserch. Lokasi bertempat di Pondok Pesantren Raudlatussalam dusun Gunungsari Desa Sumbergondo Kecamatan Glenmore kabupaten Banyuwangi. Subjek penelitian menggunakan purposive. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif model Miles dan Huberman. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian ini diperoleh sebagai berikut: 1) Pengetahuan santri setelah mempelajari kitab Safinah Awwaluma sesuai dengan tujuan pembelajaran yaitu memperkenalkan terlebih dahulu kitab klasik kepada santri baru dan mengajarkan santri baru cara membaca kitab agar santri baru bisa membaca kitab. Kitab ini termasuk kitab paling dasar jadi memudahkan santri baru dalam hal memahami isi dari kitab Safinah Awwaluma yaitu menggunakan materi bab fiqih tentang ibadah dan menggunakan metode sorogan dan ceramah serta menggunakan media kitab santri mampu memahami isi dari kitab tersebut dan dapat membaca kitab tersebut serta dapat menjelaskan isi dari materinya. 2) pelaksanaan ibadah santri setelah diadakan evaluasi dengan 2 tahap yaitu tes lisan dan unju kerja, santri sudah mulai bisa mempraktikkan dalam kesehariannya sesuai dengan apa yang telah dipelajari. Cara mengetahuinya yaitu dengan cara ustadzah atau ubudiyah mengawasi kegiatan yang dilakukan santri yang sesuai dengan isi dari kitab Safinah Awwaluma.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 13 Oct 2022 08:37
Last Modified: 13 Oct 2022 08:37
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/13682

Actions (login required)

View Item View Item