"STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBENTUK KARAKTER RELEGIUS SISWA DI MADRASAH TSANAWIYAH MIKHRAJUL ULUM JAMBEARUM SUMBERJAMBE JEMBER TAHUN AJARAN 2020/2021"

27, Khalilurrahman (2021) "STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBENTUK KARAKTER RELEGIUS SISWA DI MADRASAH TSANAWIYAH MIKHRAJUL ULUM JAMBEARUM SUMBERJAMBE JEMBER TAHUN AJARAN 2020/2021". Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq (UIN KHAS) Jember.

[img] Text
KHALILURRAHMAN_084141516_SKRIPSI.pdf

Download (3MB)

Abstract

Khalilurrahman, 2021. “Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam membentuk Karakter Religius Siswa di Madrasah Tsanawiyah Mikhrajul Ulum Jambearum Sumberjambe Jember Tahun Ajaran 2020/2021”. Jurusan/Program Studi Pendidikan Islam/Pendidikan Agama Islam. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

Di dalam dunia pendidikan, karakter menjadi salah satu hal yang di tekankan, bahkan menjadi pokok utama dan memiliki posisi utama kaitannya dengan tujuan pendidikan, karakter memiliki posisi terpenting dibanding kognitif dan psikomotorik, kerusakan generasi bangsa di tengarai disebabkan oleh kurangnya penekanan pendidikan kerakter di dalam dunia pendidikan, maka dari itu, pemerintah menganggap mulai berbenah dengan merevitalisasi management pendidikan dengan menanamkan nilai-nilai pendidikan karakter disemua kalangan pendidikan. Melalui nilai karakter tersebut, diharapkan siswa menjadi generasi penerus bangsa Indonesia yang hebat. Melihat banyak siswa yang masih melakukan perilaku buruk, seperti, tidak menghormati guru dan orang-tua, merokok, etika berpakaian tidak sopan, tawuran dan sebagainya, maka pembentukan nilai-nilai karakter sangat dibutuhkan untuk menyelesaikan masalah-masalah tersebut.
Fokus penelitian ini adalah strategi guru PAI dalam membentuk karakter religius peduli lingkungan, karakter religius peduli sosial kaitannya dengan lingkungan siswa, dan karakter religius toleransi antar sesama di MTs Mikhrajul Ulum Jambearum Sumberjambe Jember Tahun Ajaran 2020/2021..
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi guru PAI dalam membentuk karakter religius peduli lingkungan, karakter religius peduli sosial kaitannya dengan lingkungan siswa, dan karakter religius toleransi antar sesama di MTs Mikhrajul Ulum Jambearum Sumberjambe Jember Tahun Ajaran 2020/2021..
Metode dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis yang digunakan analisis deskriptif kualitatif menggunakan model analisis interaktif, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini antara lain 1). Strategi guru PAI dalam membentuk karakter peduli lingkungan dengan kegiatan pembiasaan yang terdiri atas kegiatan rutin, spontan, terprogram dan keteladanan, 2). Strategi guru PAI dalam membentuk karakter peduli sosial ialah dengan strategi pemantauan baik langsung atau menggunakan media seperti CCTV dan Handphone dan strategi pembiasaan, 3). Strategi guru PAI dalam membentuk karakter toleransi siswa ialah dengan pembiasaan dan pengarahan secara berkala.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr. Khalilurrahman 27
Date Deposited: 14 Oct 2022 01:24
Last Modified: 14 Oct 2022 01:24
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/13684

Actions (login required)

View Item View Item