Model Pembinaan Al-Qur'an di Madrasah Aliyah Atqia Bondowoso Tahun Pelajaran 2021/2022

Rosidah, Irwin Ingelia (2022) Model Pembinaan Al-Qur'an di Madrasah Aliyah Atqia Bondowoso Tahun Pelajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, UIN KH. Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
IRWIN INGELIA ROSIDAH_T20181002.pdf

Download (5MB)

Abstract

Model Pembinaan Al-Qur’an merupakan program pembinaan yang melibatkan interaksi antara guru pembinaan dan siswa-siswi, yang bertujuan untuk mencetak generasi Qur’ani. Dimaksudkan dengan mengintegrasikan ilmu sains dengan sudut pandang Al-Qur’an. Untuk mencapai tujuan tersebut, ada beberapa model pembinaan Al-Qur’an di Madrasah Aliyah Atqia Bondowoso meliputi model pembinaan tilawah (membaca), tahfidz (menghafal) dan tafhim (memahami) Al-Qur’an.
Fokus Penelitian dari skripsi ini adalah: Pertama, Bagaimana model pembinaan tilawah Al-Qur’an di Madrasah Aliyah Atqia Bondowoso Tahun Pelajaran 2021/2022 ?. Kedua, Bagaimana Model Pembinaan tahfidz Al-Qur’an di Madrasah Aliyah Atqia Bondowoso Tahun pelajaran 2021/2022 ?. Ketiga, Bagaimana model pembinaan tafhim Al-Qur’an di Madrasah Aliyah Atqia Bondowoso Tahun Pelajaran 2021/2022 ?.
Tujuan Penelitian ini adalah : Pertama, untuk mendeskripsikan model pembinaan tilawah Al-Qur’an di Madrasah Aliyah Atqia Bondowoso tahun pelajaran 2021/2022. Kedua, untuk mendeskripsikan model pembinaan tahfidz Al-Qur’an di Madrasah Aliyah Atqia Bondowoso tahun pelajaran 2021/2022. Ketiga, untuk mendeskripsikan model pembinaan tafhim Al-Qur’an di Madrasah Aliyah Atqia Bondowoso tahun pelajaran 2021/2022.
Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif: jenis penelitian ini adalah field research (penelitian lapangan). Penelitian ini digunakan untuk memahami fenomena, tentang yang dialami oleh subjek peelitian. Adapun teknik pengumpulan dalam skripsi ini menggunakan observasi partisipatif, wawancara semi tersruktur, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data menggunakan model analisis data interaktif yang dikemukakan oleh Miles dan Huberman dan keabsahan datanya menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Penelitian ini memperoleh kesimpulan: Pertama, Model pembinaan tilawah Al-Qur’an di Madrasah Aliyah Atqia Bondowoso memiliki beberapa tahapan. Tahapan perencanaan yang dipersiapkan oleh guru pendamping, mulai kesiapan guru, metode yang digunakan, cara mengelola kelas, materi dan sebagainya. Pelaksanaannya menggunakan metode Ummi dari Ummi Foundation. Evaluasi yang digunakan yakni berupa sertifikasi guru Al-Qur’an terdiri dari tes secara lisan dan tindakan. Kedua, Model pembinaan tahfidz Al-Qur’an di Madrasah Aliyah Atqia Bondowoso dalam Perencanaannya menyiapkan tujuan, alokasi waktu target dan juga niat. Pelaksanaannya menggunakan menggunakan metode wahdah. Evaluasi yang digunakan berupa tes lisan dan praktik. Ketiga, model pembinaan tafhim Al-Qur’an di Madrasah Aliyah Atqia Bondowoso memiliki beberapa tahapan. Tahapan perencanaan sudah tertera pada RPP berupa Qur’anic Saintifik Learning. Pelaksanaannya menggunakan metode tafsir Qur’an tematik Evaluasinya menggunakan tes lisan.
Kata Kunci: Model, Pembinaan Al-Qur’an

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130399 Specialist Studies in Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Irwin Ingelia Rosidah
Date Deposited: 17 Oct 2022 08:19
Last Modified: 17 Oct 2022 08:19
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/13685

Actions (login required)

View Item View Item