Upaya Pengembangan Diri Melalui Program Hadrah Untuk Meningkatkan Minat dan Bakat Siswa di Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif 29 Miftahul Ulum Ambulu Jember.

MUHAROMAH ULFA, LAILATUL (2019) Upaya Pengembangan Diri Melalui Program Hadrah Untuk Meningkatkan Minat dan Bakat Siswa di Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif 29 Miftahul Ulum Ambulu Jember. Undergraduate thesis, IAIN Jember.

[img] Text
LAILATUL MUHAROMAH ULFA_T20154066.pdf - Submitted Version

Download (3MB)

Abstract

Setiap anak pasti memiliki bakat yang berbeda-beda, misalnya bakat di bidang seni, bakat dalam bidang teknik, bakat untuk dapat berbicara di depan umum dan sebagainya. Jadi sebuah bakat sebenarnya sudah menjadi faktor bawaan sejak lahir dan proses pelatihan secara terus menerus untuk dapat mengembangkan potensi bakat yang dimilikinya. Salah satu sekolah yang mengembangkan minat dan bakat pada kesenian hadrah adalah MIMA 29 Miftahul Ulum namun berdasarkan fakta yang terjadi para siswa-siswi MIMA 29 Miftahul Ulum kurang berminat untuk mengikuti pengembangan diri pada kesenian hadrah. Fokus Penelitian : (1) Apa upaya yang dilakukan pengembangan diri melalui program hadrah untuk meningkatkan minat dan bakat siswa di MIMA 29 Miftahul Ulum Ambulu Jember? (2) Apa faktor pendukung, penghambat dan solusi dalam upaya pengembangan diri melalui program hadrah untuk meningkatkan minat dan bakat siswa di MIMA 29 Miftahul Ulum Ambulu Jember? Tujuan Penelitian : (1) Mendeskripsikan tentang upaya yang dilakukan pengembangan diri melalui program hadrah untuk meningkatkan minat dan bakat siswa di MIMA 29 Miftahul Ulum Ambulu Jember. (2) Mendeskripsikan faktor pendukung, penghambat, dan solusi dalam upaya pengembangan diri melalui program hadrah untuk meningkatkan minat dan bakat siswa di MIMA 29 Miftahul Ulum Ambulu Jember. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Alasan peneliti menggunakan pendekatan kualitatif adalah karena selain peneliti lebih tertarik untuk membuat karya ilmiah berupa deskriptif juga karena kondisi objek penelitian yang diteliti. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif, subjek penelitian ditentukan menggunakan teknik purposive, teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model interaktif melalui tiga tahap yaitu kondensasi data, penyajian data, dan kesimpulan, penarikan/verifikasi. Keabsahan data di uji menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menyimpulkan : (1) Kordinasi (antara guru dan orang tua) dengan pihak sekolah, memberikan fasilitas alat hadrah yang digunakan, dan memotivasi anggota hadrah. (2) Faktor pendukung : fasilitas yang menggunakan ruang kelas yang dimodifikasi (tempat atau ruangan berlatih). Faktor penghambat: Kurangnya minat siswa-siswi dalam mengikuti hadrah dan siswa-siswi mengikuti hadrah hanya pengaruh dari teman. Solusi: memberikan fasilitas yang cukup dan memberikan semangat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 14 Oct 2022 06:43
Last Modified: 14 Oct 2022 06:43
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/13697

Actions (login required)

View Item View Item