ABSTRAK Agnis Permata Hati. 2019. Penerapan Kegiatan Bank Sampah Dalam Meningkatkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (Studi Kasus di Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Darussalam 01 Kecamatan Puger Jember Tahun Pelajaran 2018/2019).

PERMATA HATI, AGNIS (2019) ABSTRAK Agnis Permata Hati. 2019. Penerapan Kegiatan Bank Sampah Dalam Meningkatkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (Studi Kasus di Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Darussalam 01 Kecamatan Puger Jember Tahun Pelajaran 2018/2019). Undergraduate thesis, IAIN Jember.

[img] Text
AGNIS PERMATA HATI_T20154081.pdf - Submitted Version

Download (60MB)

Abstract

Madrasah Ibtidaiyah Darussalam 01 Puger Jember adalah sekolah swasta yang pada bulan Juli 2018 mulai menerapkan kegiatan bank sampah dengan alasan banyaknya keluhan guru saat mengajar tentang sampah yang berserakan, kelas yang kotor dan bau sampah yang menyengat. Sehingga ada inisiatif dari wali kelas IV untuk menerapkan kegiatan bank sampah. Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini, yaitu:Bagaimana proses perencanaan penerapan kegiatan bank sampah dalam meningkatkan perilaku hidup bersih dan sehat (Studi Kasus di Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Darussalam 01 Kecamatan Puger Jember Tahun Pelajaran 2018/2019)?, Bagaimana proses pelaksanaan penerapan kegiatan bank sampah dalam meningkatkan perilaku hidup bersih dan sehat (Studi Kasus di Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Darussalam 01 Kecamatan Puger Jember Tahun Pelajaran 2018/2019)?,Bagaimana dampak dari penerapan kegiatan bank sampah dalam meningkatkan perilaku hidup bersih dan sehat (Studi Kasus di Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Darussalam 01 Kecamatan Puger Jember Tahun Pelajaran 2018/2019)?.Tujuan penelitian ini, yaitu:Untuk mendeskripsikan proses perencanaan penerapan kegiatan bank sampah dalam meningkatkan perilaku hidup bersih dan sehat Untuk mendeskripsikan proses pelaksanaan penerapan kegiatan bank sampah dalam meningkatkan perilaku hidup bersih dan sehat, untuk mendeskripsikan dampak dari penerapan kegiatan bank sampah dalam meningkatkan perilaku hidup bersih dan sehat. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. pengumpulan data menggunakan teknik observasi jenis partisipan, wawancara dengan jenis wawancara semi terstruktur, dan studi dokumenter. Adapun analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dengan model interaktif Miles, Huberman dan Saldana yang meliputi condensation, data display, dan conclusion drawing/verivications. Keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Hasil penelitian (1) perencanaan kegiatan bank sampah di laksanakan pada pertengan tahun 2018, perencanaan di rancang sendiri oleh pembibimbing yang di setujui oleh kepala sekolah dan juga wali murid kelas IV, rancangan perencanaan meliputi. Visi dan misi, target pengumpulan sampah, pembentukan kelompok dan daftar piket kegiatan bank sampah, pemilahan sampah dan juga pembuatan kerajinan. 2) Proses Pelaksanaan Penerapan Kegiatan Bank Sampah Dalam Meningkatkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat meliputi, sosialisasi, pengumpulan sampah, pemilahan sampah, pembuatan kerajinan. 3) Dampak dari Penerapan Kegiatan Bank Sampah Dalam Meningkatkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat meliputi: a) dampak positif, Peserta didik paham akan kebersihan, Peserta didik dapat menambah wawasan tentang jenis sampah, Peserta didik dapat meningktakan perilaku hidup bersih dan sehat. b) dampak negatif, menyita banyak waktu keluhan capek dari peserta didik, timbul rasa iri dari kelas lain yang belum menerapkan kegiatan bank sampah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 14 Oct 2022 06:59
Last Modified: 14 Oct 2022 06:59
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/13698

Actions (login required)

View Item View Item