Pembelajaran Literasi Numerasi Dalam Meningkatkan Kemampuan Berhitung Siswa di MI Fathus Salafi Kecamatan Ajung Kabupaten Jember Tahun Ajaran 2018/2019. Kata Kunci:

Umam, Moch. Khoirul (2019) Pembelajaran Literasi Numerasi Dalam Meningkatkan Kemampuan Berhitung Siswa di MI Fathus Salafi Kecamatan Ajung Kabupaten Jember Tahun Ajaran 2018/2019. Kata Kunci:. Undergraduate thesis, IAIN Jember.

[img] Text
Moch. Khoirul Umam_084158014.pdf - Submitted Version

Download (4MB)

Abstract

Literasi numerasi merupakan pengetahuan dan kecakapan untuk mengaplikasikan berbagai macam angka dan simbol-simbol serta mengoprasikan keterampilan berhitung yang berkaitan dengan matematika dasar untuk memecahkan masalah praktis dalam berbagai macam aspek kehidupan sehari-hari. Kemampuan ini ditunjukkan dengan kenyamanan terhadap bilangan dan cakap menggunakan keterampilan matematika secara praktis untuk memenuhi tuntutan kehidupan. Hal inilah yang mendorong yayasan MI Fathus Salafi untuk mengadakan kegiatan literasi numersi di MI Fathus Salafi Ajung Jember agar peserta didik MI Fathus Salafi tidak hanya mampu membaca, juga memiliki kemampuan numerasi yang baik serta dapat mengaplikasikan berbagai macam angka, simbol dan dapat mengoprasikan keterampilan berhitung dengan tepat. Pelaksanaan pembelajaran literasi numerasi di Mi Fathus Salafi Ajung Jember sudah dilaksanakan sejak awal berdirinya MI Fathus Salafi jauh sebelum adanya GLS (Gerakan Literasi Sekolah) yang dicanangkan oleh pemeritah, MI Fathus Salafi merupakan salah satu Madrasah yang berada di Kecamatan Ajung yang sampai saat ini melaksanakan pembelajaran literasi numerasi, hal ini yang menarik perhatian peneliti untuk melakukan penelitian di MI Fathus Salafi. Fokus yang dikaji dalam penelitian ini yaitu, (1) bagaiamana pembelajaran literasi numerasi di MI Fathus Salafi Ajung Jember?, (2) bagaiamana kemampuan berhitung siswa dengan pembelajaran literasi numerasi di MI Fathus Salafi Ajung Jember? dan penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan pembelajaran literasi numerasi di MI Fathus Salafi, (2) mendeskripsikan kemampuan berhitung siswa dengan pembelajaran literasi numerasi di MI Fathus Salafi Ajung Jember tahun ajaran 2018/2019. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Fenomenologi. Teknik pengambilan data adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penentuan subyek penelitian menggunakan purposive sampling. Teknik analisis data dilakukan dengan pengumpulan data, kondensasi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data diuji dengan menggunakan trianggulasi sumber dan teknik. Hasil dari penelitian ini yaitu: (1) pelaksanaan literasi numerasi di MI Fathus Salafi dimulai sejak awal beridirinya MI Fathus Salafi pada tahun 1967. Adapun materi literasi di MI Fathus Salafi yaitu mulai dari angka-angka, penjumlahan dan perkalian. Pembelajaran literai numerasi di MI Fathus Salafi ada tahap perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. dan (2) adanya pembelajaran literasi numerasi di MI Fathus Salafi Ajung Jember memiliki dampak terhadap meningkatnya kemampuan berhitung siswa, hal ini dibuktikan dengan kecakapan siswa dalam menyelesaikan oprasi hitung.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 14 Oct 2022 08:01
Last Modified: 14 Oct 2022 08:01
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/13700

Actions (login required)

View Item View Item