Strategi Keterampilan Berbahasa Using di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Ulum Patoman Banyuwangi Tahun Pelajaran 2018/2019.

SOFIA, ZAKIYATUS (2019) Strategi Keterampilan Berbahasa Using di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Ulum Patoman Banyuwangi Tahun Pelajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, IAIN Jember.

[img] Text
ZAKIYATUS SOFIA_T20154060.pdf - Submitted Version

Download (3MB)

Abstract

Bahasa Using merupakan mata pelajaran muatan lokal di Banyuwangi, yang diwajibkan untuk semua sekolah dasar di Banyuwangi baik sekolah negeri maupun swasta berdasar pada Peraturan Daerah Kabupaten Banyuwangi Nomor 5 tahun 2007. Latar belakang penelitian ini karena keunikan, peserta didik di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Ulum Patoman ini sebagian besar berbahasa Madura dan Jawa karena faktor lingkungan dan orang tuanya. sehingga peneliti tertarik untuk mengetahui strategi guru dalam mengembangkan kemampuan berbahasa Using peserta didik dari aspek: keterampilan ngerungokaken (menyimak), keterampilan maca (membaca), keterampilan ngomong (berbicara), dan keterampilan nulis (menulis) Fokus penelitian skripsi ini adalah : 1. Bagaimana strategi keterampilan menyimak dalam berbahasa Using di MI Miftahul Ulum Patoman Blimbingsari Banyuwangi tahun pelajaran 2018/2019? 2. Bagaimana strategi keterampilan membaca dalam berbahasa Using di MI Miftahul Ulum Patoman Blimbingsari Banyuwangi tahun pelajaran 2018/2019? 3. Bagaimana strategi keterampilan berbicara dalam berbahasa Using di MI Miftahul Ulum Patoman Blimbingsari Banyuwangi tahun pelajaran 2018/2019? 4. Bagaimana strategi keterampilan menulis dalam berbahasa Using di MI Miftahul Ulum Patoman Blimbingsari Banyuwangi tahun pelajaran 2018/2019? Tujuan penelitian skripsi ini yaitu : untuk mendeskripsikan strategi keterampilan menyimak, keterampilan membaca, keterampilan berbicara, dan keterampilan menulis dalam berbahasa Using di MI Miftahul Ulum Patoman Blimbingsari Banyuwangi tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dan jenis penelitian adalah penelitian lapangan (field research) berbentuk deskriptif. Teknik penentuan informan penelitian menggunakan purposive. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam, observasi partisipatif aktif, dan dokumentasi. Penelitian ini memperoleh kesimpulan diantaranya: Proses pembelajaran pada strategi keterampilan menyimak dilakukan dengan pendekatan teacher center dan metode tanya Jawab, Strategi yang digunakan dalam keterampilan membaca yaitu strategi mengulang untuk mengingat pengucapan bunyi dalam berbahasa Using dan Ketepatan intonasi yang mempengaruhi pemahaman peserta didik mayoritas berbahasa Madura dan Jawa, Strategi yang digunakan pada keterampilan berbicara yaitu dialog dan metode tanya jawab untuk melatih dan membiasakan berbahasa Using, Strategi yang digunakan dalam pembelajaran bahasa Using pada keterampilan menulis menggunakan Strategi elaborasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 14 Oct 2022 08:00
Last Modified: 14 Oct 2022 08:00
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/13703

Actions (login required)

View Item View Item