Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah

Holidah, Nor Diana (2019) Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Undergraduate thesis, IAIN Jember.

[img] Text
Nor Diana Holidah_T20154077.pdf - Submitted Version

Download (7MB)

Abstract

Al-Qur’an merupakan petunjuk hidup setiap muslim. Salah satu bentuk pengamalan al-Qur’an ialah dengan membacanya. Namun kenyataannya, umat Islam yang menjadi mayoritas penduduk di Indonesia masih banyak yang belum bisa membaca al-Qur’an. Data Badan Pusat Statistik menunjukkan, umat Islam Indonesia yang mengalami buta huruf al- Qur’an sekitar 54 %. Sementara hasil riset Perguruan Tinggi Ilmu Al-Qur’an (PTIQ) Jakarta menginformasikan bahwa umat Islam yang tidak bisa membaca al-Qur’an sekitar 60-70 %. Jika membaca al-Qur’an saja tidak semua muslim bisa melakukannya, apalagi memahami dan menghafalkannya. Maka dapat dipahami bahwa al-Qur’an menjadi bagian yang sangat penting bagi umat Islam untuk dihafal. Menghafal al-Qur’an dapat diterapkan di lembaga pendidikan dengan memberikan pembelajaran menghafal al-Qur’an bagi peserta didiknya, misalnya melalui kegiatan ekstrakurikuler. Sebagaimana pembelajaran ekstrakurikuler tahfidz al-Qur’an di MI Nurul Ulum Cindogo Kecamatan Tapen Kabupaten Bondowoso Tahun Pelajaran 2018/2019. Berdasarkan latar belakang di atas, fokus penelitian ini adalah: 1) Apa materi pembelajaran ekstrakurikuler tahfidz al-Qur’an di MI Nurul Ulum Cindogo Kecamatan Tapen Kabupaten Bondowoso tahun pelajaran 2018/2019? 2) Bagaimana metode pembelajaran ekstrakurikuler tahfidz al-Qur’an di MI Nurul Ulum Cindogo Kecamatan Tapen Kabupaten Bondowoso tahun pelajaran 2018/2019? 3) Bagaimana media pembelajaran ekstrakurikuler tahfidz al-Qur’an di MI Nurul Ulum Cindogo Kecamatan Tapen Kabupaten Bondowoso tahun pelajaran 2018/2019? 4) Bagaimana evaluasi pembelajaran ekstrakurikuler tahfidz al-Qur’an di MI Nurul Ulum Cindogo Kecamatan Tapen Kabupaten Bondowoso tahun pelajaran 2018/2019? Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian adalah penelitian lapangan. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan tenik analisis data Miles Huberman yang meliputi kondensasi data, penyajian data, serta penarikan dan verifikasi kesimpulan. Keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian yaitu: 1) Materi pembelajaran ekstrakurikuler tahfidz al-Qur’an di MI Nurul Ulum Cindogo Kecamatan Tapen Kabupaten Bondowoso Tahun Pelajaran 2018/2019 yaitu materi al-Qur’an juz 30, juz 1, dan juz 2. 2) Metode pembelajaran ekstrakurikuler tahfidz al-Qur’an di MI Nurul Ulum Cindogo Kecamatan Tapen Kabupaten Bondowoso Tahun Pelajaran 2018/2019 yaitu metode talqin, metode takror, dan metode yanbu’a 3) Media pembelajaran ekstrakurikuler tahfidz al-Qur’an di MI Nurul Ulum Cindogo Kecamatan Tapen Kabupaten Bondowoso Tahun Pelajaran 2018/2019 yaitu al-Qur’an atau juz ‘amma 4) Evaluasi pembelajaran ekstrakurikuler tahfidz al-Qur’an di MI Nurul Ulum Cindogo Kecamatan Tapen Kabupaten Bondowoso Tahun Pelajaran 2018/2019 yaitu evaluasi teknik tes berupa tes lisan melalui setoran hafalan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 17 Oct 2022 04:02
Last Modified: 17 Oct 2022 04:02
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/13704

Actions (login required)

View Item View Item