Implementasi Pembelajaran Fiqih Bab Shalat Melalui Kitab Safinatun Najah Bagi Siswa Kelas IV MI “Unggulan” Nuris Full Day School Antirogo Kabupaten Jember Tahun Ajaran 2018/2019

sidi, Mur (2019) Implementasi Pembelajaran Fiqih Bab Shalat Melalui Kitab Safinatun Najah Bagi Siswa Kelas IV MI “Unggulan” Nuris Full Day School Antirogo Kabupaten Jember Tahun Ajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, IAIN Jember.

[img] Text
Mursidi_084158010.pdf - Submitted Version

Download (7MB)

Abstract

Madrasah Ibtidaiyah “Unggulan” Nurul Islam Full Day School Antirogo Jember yang dikenal dengan MI ”Unggulan” Nuris Full Day School merupakan lembaga pendidikan Islam yang sangat memperhatikan akan pelajaran agama. Terbukti dari beberapa program unggulan yang sangat menarik yang menjadi daya tarik bagi masyarakat sekitar sehingga mereka banyak yang mendaftarkan putraputrinya untuk menimba ilmu di lembaga tersebut. Adapun program unggulan yang ada di lembaga tersebut di antaranya adalah pembelajaran kitab Safinatun Najah. Adapun tujuan dari pembelajaran kitab safinah tersebut adalah untuk membentuk siswa lebih disiplin dalam menjaga waktu khususnya dalam shalat, serta memantapkan aqidah dan meningkatkan ibadah siswa-siswi MI “Unggulan” Nuris Full Day School. Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana perencanaan Implementasi Pembelajaran Fiqih Bab Shalat Melalui Kitab Safinatun Najah Bagi Siswa Kelas IV MI “Unggulan” Nuris Full Day School Antirogo Kabupaten Jember Tahun Ajaran 2018/2019? 2) Bagaimana Implementasi Pembelajaran Fiqih Bab Shalat Melalui Kitab Safinatun Najah Bagi Siswa Kelas IV MI “Unggulan” Nuris Full Day School Antirogo Kabupaten Jember Tahun Ajaran 2018/2019? 3) Bagaimana evaluasi Implementasi Pembelajaran Fiqih Bab Shalat Melalui Kitab Safinatun Najah Bagi Siswa Kelas IV MI “Unggulan” Nuris Full Day School Antirogo Kabupaten Jember Tahun Ajaran 2018/2019? Dalam penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Penentuan subyek penelitian dalam penelitian ini dilakukan secara purposive. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam menganalisis data, peneliti menggunakan model analisis data Miles dan Huberman. Analisis data ini meliputi kegiatan Kondensasi Data (Condensation), Penyajian Data (Display), Penarikan Kesimpulan ( Conclusions Drawing). Keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan trianggulasi sumber dan trianggulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan, bahwa: 1) pada tahap perencanaan meliputi praktikum rukun fi’li, dan pelatihan tajwid serta hafalan yang baik pada setiap rukun qauli, 2) pelaksanaannya yaitu pemantauan shalat berjamaah dan shalat dhuha di musholla, 3) pada tahap evaluasi meliputi evaluasi input, evaluasi proses dan evaluasi output.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 17 Oct 2022 04:03
Last Modified: 17 Oct 2022 04:03
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/13707

Actions (login required)

View Item View Item