Implementasi Eksrakurikuler Drumband Dalam Membentuk Karakter Siswa Madrasah Ibtidaiyah Negeri 03 Jember Tahun Pelajaran 2018/2019.

PURWATI, ULFA (2019) Implementasi Eksrakurikuler Drumband Dalam Membentuk Karakter Siswa Madrasah Ibtidaiyah Negeri 03 Jember Tahun Pelajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, IAIN Jember.

[img] Text
ULFA PURWATI_T20154006.pdf - Submitted Version

Download (5MB)

Abstract

Ekstrakurikuler drumband merupakan kegiatan permainan musik dan olahraga yang terdiri dari beberapa orang personil untuk mengiringi langkah dalam berbaris, atau dengan kata lain berbaris sambil bermain musik yang dilakukan di luar kelas dan di luar jam pelajaran (kurikulum) untuk menumbuhkembangkan potensi sumber daya manusia (SDM) yang dimiliki peserta didik. Dalam pelaksanaannya ekstrakurikuler drumband ini diharapkan dapat membantu membentuk karakter siswa. Untuk itu peneliti tertarik meneliti Implementasi Ekstrakurikuler Drumband Dalam Membentuk Karakter Siswa. Fokus penelitian: (1) Bagaimana implementasi ekstrakurikuler drumband dalam membentuk karakter siswa Madrasah Ibtidaiyah Negeri 03 Jember Tahun Pelajaran 2018/2019? (2) Bagaimana faktor pendukung dan penghambat implementasi ekstrakurikuler drumband dalam membentuk karakter siswa Madrasah Ibtidaiyah Negeri 03 Jember Tahun Pelajaran 2018/2019? Tujuan penelitian: (1) Mendeskripsikan implementasi ekstrakurikuler drumband dalam membentuk karakter siswa Madrasah Ibtidaiyah Negeri 03 Jember Tahun Pelajaran 2018/2019? (2) Mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat implementasi ekstrakurikuler drumband dalam membentuk karakter siswa Madrasah Ibtidaiyah Negeri 03 Jember Tahun Pelajaran 2018/2019? Pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research), subjek penelitian ditentukan menggunakan teknik purposive, teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini melalui empat tahap, yaitu: pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.. Keabsahan data diuji menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil Penelitian ini adalah: 1. Implementasi ekstrakurikuler drumband dalam membentuk karakter siswa MIN 03 Jember diantaranya: a) perencanaan yang telah dibuat mengacu pada program kerja dan bertujuan untuk membentuk nilai-nilai karakter berupa semangat kebangsaan dan cinta tanah air, terlihat pada materi yang digunakan berupa kertas not lagu daerah maju tak gentar b) pelaksanaan implementasi ekstrakurikuler drumband dalam membentuk karakter siswa dilakukan dengan cara guru mempersiapkan siswa, memberikan kertas not maju tak gentar untuk membaca dan mendengarkan permainan musik, dan kegiatan akhir prakter drumband bersama c) evaluasi yang digunakan yaitu evaluasi proses berupa penilaian sikap dan evaluasi hasil berupa penilaian tes praktek. 2. Faktor pendukung implementasi ekstrakurikuler drumband dalam membentuk karakter siswa MIN 03 Jember yaitu a) karakter siswa yang tenang, teliti, dan mudah memahami materi. b) alat musik drumband yang lengkap. c) pendamping/pelatih yang memiliki pengetahuan mengenai drumband. d) dukungan verbal maupun non verbal dari sekolah. Sedangkan faktor penghambatnya: a) karakter siswa yang malas, susah diatur atau tidak mematuhi tata tertib, sulit memahami materi. b) waktu latihan ekstrakurikuler drumband berbarengan dengan ekstrakurikuler lainnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 17 Oct 2022 04:03
Last Modified: 17 Oct 2022 04:03
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/13709

Actions (login required)

View Item View Item