Implementasi Metode Mind Mapping Pada Pembelajaran Tematik Ilmu Pengetahuan Alam di MIMA 38 Hidayatul Mubtadi’in Wuluhan Jember.

MAGHFIROH, NANING FAIZATUL (2019) Implementasi Metode Mind Mapping Pada Pembelajaran Tematik Ilmu Pengetahuan Alam di MIMA 38 Hidayatul Mubtadi’in Wuluhan Jember. Undergraduate thesis, IAIN Jember.

[img] Text
NANING FAIZATUL MAGHFIROH_T20154003.pdf - Submitted Version

Download (16MB)

Abstract

Metode pembelajaran yang ada sekarang dikalangan siswa jenjang tingkat dasar hingga hingga tingkat atas masih seringkali menggunakan metode pembelajaran yang membosankan atau metode yang konvensional. Proses pembelajaran seakan menjadi momok yang besar bagi guru dan siswa. Jika diolah dengan baik, metode pembelajaran yang tepat akan mendorong semangat siswa untuk belajar dan tentunya meningkatkan prestasi siswa pada ahirnya. Madrasah Ibidaiyah Ma’arif 38 Hidayatul Mubtadi’in merupakan salah satu lembaga yang menganjurkan untuk setiap guru menggunakan metode yang bervariasi dalam kegiatan pembelajarannya. Dalam penggunaanya selain membuat guru menjadi lebih mudah dalam menyampaikan materi, metode pembelajaran ini juga dapat memudahkan siswa dalam menerima materi pelajaran sehingga menjadi lebih antusias dalam menerima pelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1)Mendeskripsikan perencanaan metode mind mapping pada pembelajaran tematik IPA di MIMA 38 Hidayatul Mubtadi’in Wuluhan Jember. 2) Mendeskripsikan pelaksanaan metode mind mapping pada pembelajaran tematik IPA di MIMA 38 Hidayatul Mubtadi’in Wuluhan Jember. 3) Mendeskripsikan evaluasi metode mind mapping pada pembelajaran tematik IPA di MIMA 38 Hidayatul Mubtadi’in Wuluhan Jember. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian field research. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dengan menggunakan langkah-langkah yaitu: pengumpulan data, kondensasi data, display data (penyajian data), penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil dari penelitian ini yaitu: 1) Perencanaan metode mind mapping pada mata pembelajaran tematik pengetahuan alam di MIMA 38 Hidayatul Mubtadi’in yaitu metode mind mapping pada pembelajaran tematik IPA adalah dengan mempersiapkan RPP yang disesuaikan dengan tujuan dan materi pelajaran. Selain itu juga mempersiapkan bahan-bahan yang digunakan harus sesuai criteria dan karakterisktik pembelajaran metode mind mapping. 2) Pelaksanaan metode mind mapping pada pembelajaran tematik IPA yaitu materi yang dipelajarai telah dikemas dalam mind mapping yang dibuat oleh siswa secara berkelompok, kemudian dipresentasikan didepan kelas. Ini dibuktikan dengan suasana pembelajaran yang kondusif dan pemanfaatan waktu yang efektif. 3) Evaluasi metode mind mapping pada pembelajaran tematik IPA yaitu dengan merefleksikan pelaksanaan pembelajaran dan hasil belajar siswa. Motivasi siswa menjadi meningkat dan ini dibuktikan dengan suasana pembelajaran yang efektif serta hasil belajar siswa yang tinggi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 17 Oct 2022 04:03
Last Modified: 17 Oct 2022 04:03
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/13710

Actions (login required)

View Item View Item