Pengembangan media interaktif berbasis PowerPoint untuk meningkatkan minat belajar pada pembelajaran tematik siswa kelas 3 di Sekolah Dasar Islam Khoiru Ummah Kota Malang tahun pelajaran 2021/2022

Maghfira, Hafidhah (2022) Pengembangan media interaktif berbasis PowerPoint untuk meningkatkan minat belajar pada pembelajaran tematik siswa kelas 3 di Sekolah Dasar Islam Khoiru Ummah Kota Malang tahun pelajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, UIN KH AHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
HAFIDHAH MAGHFIRA_T20184045.pdf

Download (4MB)

Abstract

Hafidhah Maghfira, 2022 : “Pengembangan Media Interaktif Berbasis PowerPoint Untuk Meningkatkan Minat Belajar Pada Pembelajaran Tematik Siswa Kelas 3 Di Sekolah Dasar Islam Khoiru Ummah Kota Malang Tahun Pelajaran 2021/2022”
Kata Kunci : Pengembangan Media Interaktif PowerPoint, Minat Belajar, Tematik
Media pembelajaran adalah segala suatu yang dapat digunakan untuk menyalurkan pesan (bahan pembelajaran), Penggunaan media pembelajaran terutama dalam pendidikan dasar sangat dibutuhkan guna memudahkan pendidik untuk menyampaikan materi pembelajaran dan peserta didik untuk menerima materi pembelajaran dengan baik. Microsoft PowerPoint merupakan salah satu perangkat lunak yang sering digunakan untuk membuat sebuah media pembelajaran sederhana namun tetap menarik. Penggunaan media Interaktif berbasis PowerPoint akan menjadi salah satu inovasi yang menarik dalam menyampaikan materi pembelajaran kepada peserta didik. Dengan demikian, maka peneliti melakukan penelitian di Lembaga pendidikan dasar khususnya di Sekolah Dasar Islam Khoiru Ummah Kota Malang.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan atau (Research and Development) yang dapat menghasilkan sebuah produk dan menguji efektifitas dari produk tersebut. Pendekatan yang digunakan adalah Mixed Methods yang menggabungkan antara data kualitatif dan juga kuantitatif. Pada penelitian ini menggunakan prosedur pengembangan R&D Borg and Gall. Terdapat 10 langkah, yaitu 1) analisis kebutuhan, 2) proses pengumpulan data dan perencanaan, 3) desain produk awal, 4) validasi desain, 5) revisi desain, 6) uji coba produk awal, 7) revisi produk, 8) uji coba pemakaian, 9) revisi produk akhir berupa media interaktif berbasis PowerPoint, 10) desiminasi produk dan penggunaan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah survey, wawancara, angket, dan lembar validasi. teknik analisis data, yaitu: (1) Teknik analisis deskriptif kualitatif untuk mengolah data hasil review angket yang telah dibagikan kepada siswa. (2) Analisis statistik deskriptif untuk mengolah data yang diperoleh melalui validator ahli dalam bentuk deskriptif persentase.
Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian pengembangan ini adalah, produk media PowerPoint interaktif berhasil meningkatkan minat belajar siswa dalam pembelajaran tematik dengan nilai akhir yang didapatkan dari angket respon siswa terhadap media sebesar 776 dari nilai maksimum yaitu 880, dengan presentase akhir 88,18% dari presentase maksimum 100% dengan kriteria media “Sangat Efektif”, artinya media PowerPoint interaktif yang telah dikembangkan cocok untuk digunakan pada saat pembelajaran tematik, dan dapat menjadi salah satu inovasi untuk meningkatkan minat belajar siswa dan menjadikan proses pembelajaran lebih menyenangkan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ma'am Hafidhah Maghfira
Date Deposited: 17 Oct 2022 08:25
Last Modified: 17 Oct 2022 08:25
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/13711

Actions (login required)

View Item View Item