Analisis strategi pendistribusian zakat produktif melalui program beasiswa Satu Keluarga Satu Sarjana (SKSS)(Studi pada BAZNAS Kota Probolinggo)

Zulqiyah, A. Hussaini (2022) Analisis strategi pendistribusian zakat produktif melalui program beasiswa Satu Keluarga Satu Sarjana (SKSS)(Studi pada BAZNAS Kota Probolinggo). Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (File Skripsi A. Hussaini Zulqiyah D20184013)
A Hussaini Zulqiyah_D20184013.pdf

Download (2MB)

Abstract

A Hussaini Zulqiyah, 2022: Analisis Strategi Pendistribusian Zakat Produktif Melalui Program Beasiswa Satu Keluarga Satu Sarjana (SKSS) (Studi Kasus Pada BAZNAS Kota Probolinggo).

Kata Kunci: Analisis Strategi, Zakat Profuktif, Program SKSS

Zakat merupakan suatu hal yang berperan dalam meningkatkan ekonomi masyarakat dan umat Islam terutama bagi kaum ashnaf. Islam memiliki perhatian yang sangat tinggi terhadap fakir miskin dan kaum dhuafa untuk melepaskan mereka dari belenggu kemiskinan. Disisi lain pendidikan dapat meningkatkan kemampuan dan kualitas sumber daya manusia, bagi fakir dan miskin serta bagi umat Islam.

Fokus penelitian yang dibahas dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana perencanaan pendistribusian zakat produktif melalui program Satu Keluarga Satu Sarjana (SKSS). 2) Bagaimana Implementasi pendistribusian zakat produktif melalui program Satu Keluarga Satu Sarjana (SKSS). 3) Bagaimana Evaluasi pendistribusian zakat produktif melalui program Satu Keluarga Satu Sarjana (SKSS). 4) Apa faktor pendukung dan faktor penghambat pendistribusian zakat produktif melalui program Satu Keluarga Satu Sarjana (SKSS). Tujuan penelitian iniadalah untuk mengetahui strategi yang dilakukan BAZNAS Kota Probolinggo untuk mendistribusikan dana zakat melalui Program Beasiswa Satu Keluarga Satu Sarjana (SKSS). Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif denganjenis penelitian deskriptif. Subjek penelitiannya menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teori Miles dan Huberman yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan keabsahan datanya menggunakan triangulasi metode, triangulasi sumber dan triangulasi waktu.

Hasil dari penelitian yang telah peneliti temukan adalah sebagai berikut: 1)Analisis Strategi Perencanaan pendistribusian zakat produktif yang dilakukan oleh BAZNAS Kota Probolinggo dimulai dengan melakukan tahapan persiapan, tahap assessment, dan tahap perencanaan program kegiatan. 2) Analisis Strategi Implementasi pendistribusian zakat produktif dilakukan oleh BAZNAS Kota Probolinggo dimulai dengan melakukan rapat koordinasi kepanitiaan, pembukaan pendaftaran program SKSS, proses verifikasi calon penerima bantuan, survei lapangan, seleksi pengetahuan dan rapat penetapan penerima beasiswa dan mengalokasikan dana bantuan setiap semester. 3) Analisis Strategi Evaluasi pendistribusian zakat produktif yang dilakukan BAZNAS Kota Probolinggo dilakukan dengan melakukan kerja sama dengan instansi terkait, melakukan monitoring dan melakukan tindakan korektif. 4) Faktor pendukung diantaranya adanya standart operational prosedure (SOP) yang jelas, ketepatan sasaran pendistribusian, dana, dukungan dari berbagai pihak dan kemudahan menyeleksi. Sedangkan faktor penghambat diantaranya adalah waktu, calon penerima bantuan tidak mempunyai data administrasi dan kuota yang diberikan BAZNAS Kota Probolinggo masih kurang.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: Mr A. Hussaini Zulqiyah
Date Deposited: 31 Oct 2022 03:55
Last Modified: 31 Oct 2022 03:55
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/13713

Actions (login required)

View Item View Item