PENGARUH MEDIA DIGITAL BERBASIS BLOGSPOT TERHADAP PEMAHAMAN SISWA KELAS VIII MATERI ZAT ADITIF DAN ZAT ADIKTIF DI SMPI NAZHATUT THOLIBIN LIPRAK WETAN KAB. PROBOLINGGO TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Farida, Ida (2022) PENGARUH MEDIA DIGITAL BERBASIS BLOGSPOT TERHADAP PEMAHAMAN SISWA KELAS VIII MATERI ZAT ADITIF DAN ZAT ADIKTIF DI SMPI NAZHATUT THOLIBIN LIPRAK WETAN KAB. PROBOLINGGO TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
IDA FARIDA_T201710093.pdf

Download (4MB)

Abstract

IDA FARIDA, 2022: Pengaruh Media Digital Berbasis Blogspot Terhadap Pemahaman Siswa Kelas VIII Materi Zat Aditif Dan Zat Adiktif Di SMPI Nazhatut Tholibin Liprak Wetan Kab. Probolinggo Tahun Pelajaran 2021/2022.
Kata Kunci: Media digital, Blogspot, Zat aditif dan Zat adiktif
Penulisan penelitian ini bertujuan untuk mengulas penerapan media digital berbasis blogspot terhadap pemahaman siswa kelas VIII pada materi zat aditif dan zat adiktif, dimulai dari pembahasan mengenai media pembelajaran. Lalu dilanjutkan dengan penggunaan media digital berbasis blogspot sebagai media pembelajaran yang diterapkan pada mata pelajaran IPA. Penerapan media digital berbasis blogspot merupakan suatu upaya untuk mengefektifkan dan memberikan suatu variasi dalam ranah media pembelajaran, apalagi di zaman globalisasi sudah semestinya setiap insan yang hidup di zaman tersebut setidaknya mengenal dan mengetahui mengenai salah satu hasil dari kemajuan teknologi dan komunikasi.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan media digital berbasis blogspot terhadap pemahaman siswa kelas VIII materi zat aditif dan zat adiktif di SMPI Nazhatut Tholibin Liprak Wetan Probolinggo.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu (quasi experimental), dengan desain penelitian nonequivalent control group design dan teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Cluster Random Sampling. Sampel yang diambil pada kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 25 siswa dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol dengan jumlah 25 siswa. Adapun teknik
pengumpulan data menggunakan teknik tes berupa soal pre test dan post test, dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh penerapan media digital berbasis Blogspot terhadap pemahaman siswa kelas VIII pada materi zat aditif dan zat adiktif SMPI Nazhatut Tholibin Liprak Wetan Probolinggo. Hal ini dibuktikan dari perolehan nilai Asymp. Sig. (2-tailed) Uji Man Whitney Test sebesar 0,000 Maka dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa ada perbedaan yang signifikan hasil belajar Post Test kelas eksperimen dan kelas kontrol.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 03 CHEMICAL SCIENCES > 0301 Analytical Chemistry > 030101 Analytical Spectrometry
13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130199 Education systems not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris IPA
Depositing User: Me Ida Farida
Date Deposited: 17 Oct 2022 09:13
Last Modified: 17 Oct 2022 09:13
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/13724

Actions (login required)

View Item View Item