MANAJEMEN KEPALA SEKOLAH DALAM MEMBANGUN BUDAYA RELIGIUS DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA AL-MUTTAQIN BANJARSENGON PATRANG JEMBER

Moch Farosis, Madani (2022) MANAJEMEN KEPALA SEKOLAH DALAM MEMBANGUN BUDAYA RELIGIUS DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA AL-MUTTAQIN BANJARSENGON PATRANG JEMBER. Undergraduate thesis, UIN KHAS JEMBER.

[img] Text
SKRIPSI DANI REVISI_T20183103-1.pdf

Download (2MB)

Abstract

Moch. Farosis Madani, 2022: Manajemen Kepala Sekolah dalam Membangun Budaya Religius di Sekolah Menengah Pertama Al-Muttaqin Banjarsengon Patrang Jember.
Kata Kunci: Manajemen Kepala Sekolah, Budaya Religius
Kepemimpinan pendidikan merupakan suatu hal yang dilakukan oleh seorang pemimpin untuk memberikan fasilitas guna untuk mencapai tujuan pendidikan, selain memberikan fasilitas pemimpin disini juga harus mampu mempengaruhi orang lain untuk bersama- sama dalam mewujudkan tujuan yang diinginkan.
Fokus penelitian yang diteliti, adalah: 1) Bagaimana perencanaan kepala sekolah dalam membangun budaya religius di SMP Al-Muttaqin Banjarsengon Patrang Jember? 2) Bagaimana pelaksanaan kepala sekolah dalam membangun budaya religius di SMP Al-Muttaqin Banjarsengon Patrang Jember?; 3) Bagaimana evaluasi kepala sekolah dalam membangun budaya religius di SMP Al-Muttaqin Banjarsengon Patrang Jember?.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan serta evaluasi kepala sekolah dalam membangun budaya religius di SMP Al-Muttaqin Banjarsengon Patrang Jember.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian naratif. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi.untuk analisis datanya dimulai dari tahap pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber.
Adapun hasil dari penelitian ini, adalah: 1) Dalam menerapkan budaya religius di SMP Al-Muttaqin Banjarsengon patrang jember kepala sekolah memulai dengan merencanakannya melalui koordinasi dengan yayasan dan melalui rapat dengan seluruh guru sehingga pada akhirnya diambillah sebuah keputusan bersama, itu merupakan perencanaan dari kepala sekolah dalam membangun budaya religius. 2) Pelaksanaan budaya religius di SMP Al-Muttaqin yaitu dengan beberapa program keagamaan yang sudah disepakati, diantaranya adalah do’a bersama, sholat dhuha berjamaah, membaca dzikir rotib al-haddad bersama, berjabat tangan antara siswa dan guru, dan juga berpakaian yang sopan. program tersebut semuanya bertujuan untuk membiasakan diri siswa untuk lebih religius dan patuh kepada agama dan melatih kedisiplinan siswa. 3) Evaluasi yang dilakukan oleh kepala sekolah SMP Al-Muttaqin terhadap program kegiatan membangun budaya religius siswa disekolah adalah dengan evaluasi rutin setiap bulan selama kegiatan berlangsung dan juga evaluasi pada akhir kegiatan. Yang mana ini merupakan bagian dari model evaluasi formative, summative dan goal oriented model.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management > 150301 Business Information Management (incl. Records, Knowledge and Information Management, and Intelligence)
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management > 150303 Corporate Governance and Stakeholder Engagement
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Moch Farosis Madani
Date Deposited: 18 Oct 2022 01:55
Last Modified: 18 Oct 2022 01:55
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/13725

Actions (login required)

View Item View Item