Peran Guru Dalam Meningkatkan Kecerdasan Kinestetik Anak Usia Dini Melalui Permainan Lempar Tangkap Bola Kelompok B Di TK Dewi Masyithoh Balung Jember Periode 2021/2022

Feliya, Dwi Tristanti (2022) Peran Guru Dalam Meningkatkan Kecerdasan Kinestetik Anak Usia Dini Melalui Permainan Lempar Tangkap Bola Kelompok B Di TK Dewi Masyithoh Balung Jember Periode 2021/2022. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
FELIYA DWI TRISTANTI_NIM. T20185002.pdf

Download (4MB)

Abstract

Feliya Dwi Tristanti, 2022 : Peran Guru Dalam Meningkatkan Kecerdasan
Kinestetik Anak Usia Dini Melalui Permainan Lempar Tangkap Bola Kelompok B
Di Tk Dewi Masyithoh Balung Jember.
Kata Kunci : Peran guru, kecerdasan kinestetik, permainan lempar tangkap bola.
Kecerdasan kinestetik adalah kecerdasan yang merupakan suatu
kecerdasan yang berhubungan dengan kemampuan dalam menggunakan
keterampilan fisik dalam mengkordinasikan seluruh tubuhnya dan melakukan
aktivitas untuk mengespresikan ide dan perasaannya untuk menyelesaikan
masalah. Guru di TK Dewi Masyithoh Balung Jember dalam meningkatkan
kecerdasan kinestetik anak, salah satunya dengan menggunakan permainan lempar
tangkap bola.
Fokus penelitian ini adalah (1) Bagaimana peran guru sebagai pendidik
dalam meningkatkan kecerdasan kinestetik anak usia dini melalui permainan
lempar tangkap bola kelompok B di TK Dewi Masyithoh Balung Jember?, (2)
Bagaimana peran guru sebagai model dalam meningkatkan kecerdasan kinestetik
anak usia dini melalui permainan lempar tangkap bola kelompok B di TK Dewi
Masyithoh Balung Jember?, (3) Bagaimana peran guru sebagai evaluator dalam
meningkatkan kecerdasan kinestetik anak usia dini melalui permainan lempar
tangkap bola kelompok B di TK Dewi Masyithoh Balung Jember?.
Tujuan penelitian ini adalah Mendeskripsikan peran guru sebagai
pendidik, model, dan evaluator dalam meningkatkan kecerdasan kinestetik anak
usia dini melalui permainan lempar tangkap bola kelompok B di TK Dewi
Masyithoh Balung Jember?,
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian
studi kasus. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti yaitu:
teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini
yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan
keabsahan datanya menggunakan triangulasi sumber, dan triangulasi teknik.
Hasil penelitian ini (1) peran guru sebagai pendidik dalam meningkatkan
kecerdasan kinestetik anak usia dini melalui permainan lempar tangkap bola
kelompok B di TK Dewi Masyithoh Balung Jember yaitu (a) memberikan
penjelasan materi tentang permainan lempar tangkap bola, (b) memberikan materi
pada permainan lempar tangkap bola, (c) menyempurnakan materi permainan
lempar tangkap bola dengan praktek. (2) peran guru sebagai model dalam
meningkatkan kecerdasan kinestetik anak usia dini melalui permainan lempar
tangkap bola kelompok B di TK Dewi Masyithoh Balung Jember yaitu (a)
mendemonstrasikan secara langsung permainan lempar tangkap bola, (b)
memberikan contoh gerakan-gerakan dalam permainan lempar tangkap bola, (c)
memberikan arahan-arahan tentang aturan permainan lempar tangkap bola. (3)
peran guru sebagai evaluator dalam meningkatkan kecerdasan kinestetik anak usia
dini melalui permainan lempar tangkap bola kelompok B di TK Dewi Masyithoh
Balung Jember yaitu (a) mengevaluasi pembelajaran pada setiap harinya dan
setaip anak, (b) mengumpulkan data atau informasi pada setiap anak, (c)
menentukan keberhasilan siswa yang telah di tentukan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Ms Feliya Dwi Tristanti
Date Deposited: 18 Oct 2022 02:57
Last Modified: 18 Oct 2022 02:57
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/13729

Actions (login required)

View Item View Item