UPAYA KORBAN PHK DALAM MENJAGA KELUARGA SAKINAH DI MASA PANDEMI COVID 19 (Studi Kasus pada Pekerja PTPN XII Kebun Teh Gunung Gambir Desa Andungbiru Kecamatan Tiris Kabupaten Probolinggo)

Lita Mami, Maulida Ashqor (2022) UPAYA KORBAN PHK DALAM MENJAGA KELUARGA SAKINAH DI MASA PANDEMI COVID 19 (Studi Kasus pada Pekerja PTPN XII Kebun Teh Gunung Gambir Desa Andungbiru Kecamatan Tiris Kabupaten Probolinggo). Undergraduate thesis, UIN Kiai Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
MAULIDA ASHQOR LITA MAMI(1).pdf

Download (2MB)

Abstract

Maulida Ashqor Lita Mami, 2022: Upaya Korban Phk Dalam Menjaga
Keluarga Sakinah Di Masa Pandemi Covid 19(Studi Kasus pada Pekerja PTPN
XII Kebun Teh Gunung Gambir Desa Andungbiru Kecamatan Tiris Kabupaten
Probolinggo)

Kata Kunci : Upaya Korban PHK Dalam Menjaga Keluarga Sakinah Di Masa Pandemi Covid 19

Keluarga Sakinah, keluarga sakinah sudah menjadi istilah yang wajar di mata masyarakat. Ketika mendengar kata keluarga, kecurigaan yang kita miliki sebagai prioritas utama adalah umumnya terdiri dari ayah, ibu dan anak-anak mereka, Kata Sakinah dalam referensi Kata Arab menyiratkan; al-qawaar, ath-thumma'ninah, dan al-mahabbah (ketenangan hati, ketenangan dan ketenteraman).
Fokus Penelitiannya di antarannya yaitu: 1.)Apa saja faktor-faktor yg menyebabkan terjadinya PHK dimasa pandemi Covid 19 pada PTPN XII Gunung Gambir Desa Andungbiru Kecamatan Tiris Kabupaten Probolinggo? 2.)Bagaimana upaya korban PHK dalam menjaga keluarga sakinah di masa pandemi Covid 19?
Tujuan penelitian nya adalah: 1.)Untuk Mendeskripsikan faktor-faktor yg menyebabkan terjadinya korban PHK dalam menjaga keluarga sakinah di masa pandemi Covid 19. 2.)Untuk Mendeskripsikan Upaya korban PHK dalam menjaga keluarga sakinah di masa pandemi Covid 19.
Teknis atau jenis peneltian yang akan penulis gunakan dalam penelitian ini, yakni dengan cara menggunakan penelitian lapangan (Field Reseach) tentang latar belakang dan keadaan sekarang dikategorikan dalam penelitian yuridis empiris.
Hasil dari penelitian ini menjelaskan bahwa:1.)Faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya Pemutuhan Hubungan Kerja antara lain Pertama, PHK karena keinginan perusahaan,alasan ini disebabkan beberapa hal, karena perusahaan tidak dapat menggaji karyawan. karena perusahaan mengalami kerugian secara terus menerus, karena perusahaan dipaksa tutup yang disebabkan keadaan (force majeure) Kedua. PHK karena keinginan buruh. Faktor utama para pekerja mengundurkan diri adalah faktor ekonomi.2).Upaya-upaya yang perlu dilakukan bagi para korban pemutusan hubungan kerja diantaranya adalah bersyukur terhadap segala ketetapan Allah SWT, meluangkan waktu untuk keluarga sehingga tetap menjaga keharmonisan dan kasih sayang dalam keluarga, mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180113 Family Law
Divisions: Program Magister > Hukum Keluarga
Depositing User: Ms Maulida Ashqor Lita Mami
Date Deposited: 18 Oct 2022 03:04
Last Modified: 18 Oct 2022 03:04
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/13730

Actions (login required)

View Item View Item