Penerapan Ekstrakurikuler Pramuka Dalam Penanaman Karakter Peserta Didik Kelas III di MI Al-Muawanah 2 Desa Barurejo Kabupaten Banyuwangi Tahun Pelajaran 2021/2022

NAFI`ATUZ, ZAHROH (2022) Penerapan Ekstrakurikuler Pramuka Dalam Penanaman Karakter Peserta Didik Kelas III di MI Al-Muawanah 2 Desa Barurejo Kabupaten Banyuwangi Tahun Pelajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, UIN KH ACHMAD SHIDDIQ JEMBER.

[img] Text
NAFI`ATUZ ZAHROH(1).pdf

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK
Nafi`atuz Zahroh, 2022: “Penerapan Extrakurikuler Pramuka dalam Penanaman Karakter Siswa Kelas IV di MI Al-Muawanah 2 Barurejo Banyuwangi Tahun Pelajaran 2021/2022”.
Beberapa kasus terkait sikap disiplin yang dilakukan oleh beberapa peserta didik sejak masa pandemi hingga masa luring awal semakin berkurang, sebagaimana contoh kasus di MI Al-Muawanah terdapat perilaku beberapa peserta didik yang datang tidak tepat waktu, memakai seragam dengan atribut tidak lengkap, kurang percaya diri terhadap kemampuan yang dimiliki serta sosialisasi terhadap sesama kurang erat. Sehingga salah satu alternatif yang dilakukan pihak sekolah atau guru adalah dengan mewajibkan peserta didik kelas III, IV, V untuk mengikuti pramuka. Pramuka merupakan salah satu kegiatan ekstrakurikuler yang wajib sesuai dengan permendikbud No.63 tahun 2014 untuk menanamkan karakter displin dalam beratribut, religius dalam hubungan sosial pada teman sebaya dan percaya diri terhadap kemampuan atau kreatifitas yang dimiliki peserta didik. Dimana pada kegiatan pramuka panggilan untuk pembina itu berbeda-beda, seperti pramuka siaga memanggi dengan Yanda dan Bunda, tingkatan penggalang memanggil pembina dengan sebutan kakak.
Fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimana Penerapan Ekstrakurikuler Pramuka Dalam Penanaman Karakter Disiplin Siswa. 2) Bagaimana Penerapan Ekstrakurikuler Pramuka Dalam Penanaman Karakter Religius Siswa. 3) Bagaimana Penerapan Ekstrakurikuler Pramuka Dalam Penanaman Karakter Kreatif Siswa.
Tujuan dari penelitian ini adalah:1) Mendeskripsikan Penerapan Ekstrakurikuler Pramuka Dalam Penanaman Karakter Disiplin Siswa di MI Al-Muawanah 2. 2) Mendeskripsikan Penerapan Ekstrakurikuler Pramuka Dalam Penanaman Karakter Religius Siswa di MI Al-Muawanah 2. 3) Mendeskripsikan Penerapan Ekstrakurikuler Pramuka Dalam Penanaman Karakter Kreatif Siswa di MI Al-Muawanah 2.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian menggunakan studi kasus. Penentuan subjek penelitian ini menggunakan teknik purposive. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis data deskriptif model Miles, Huberman dan Saldana. Keabsahan datanya menggunakan tiangulasi sumber dan teknik.
Hasil dari penelitian ini antara lain: 1) kegiatan pramuka dilakukan setiap dua minggu sekali pada hari sabtu dimulai pada jam 13.00 yang dilakukan oleh semua siswa kelas III, IV, V dan dilatih oleh pembina pramuka penanamanya melalui kegiatan sebagai berikut: Pengecekan atribut, PBB (Peraturan Baris-berbaris), Pemberian soal seperti sandi kotak I dan II dari penanaman karakter disiplin tersebut memiliki dapak positif pada peserta didik seperti: Memiliki kedisiplinan dalam baris-berbaris, disiplin terhadap atribut yang ditentukan.2) karakter religius penanamanya dilakukan dengan kegiatan rutin sholat dluha, berdoa dengan khusu’ serta mengangkat tangan ketika berdoa dan saling memaafkan terhadap sesama melalui kegiatan berjabat tangan. 3) penanaman karakter kreatif ditanamkan pembina kepada peserta didik melalui kegiatan yang dilakukan setiap dua minggu sekali seperti: penggunaan tali-temali, untuk melatih ketelitian peserta didik dalam membuat simpul yang baik, dan rapi berupa pembuatan simpul jangkar, simpul pangkal dan lainya. Selain kratif pada tali-temali peserta didik juga menampilkan kreasi berupa kreasi tari dan menyanyi yang ditampilkan dari peserta didik kelas III saat kegiatan perkemahan dekat sekolah (Persera).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170111 Psychology of Religion
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200105 Organisational, Interpersonal and Intercultural Communication
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220405 Religion and Society
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Nafi`atuz Zahroh
Date Deposited: 09 Nov 2022 06:15
Last Modified: 09 Nov 2022 06:15
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/13735

Actions (login required)

View Item View Item