Meningkatkan Kemandirian Anak Melalui Bermain Peran Pada Kelompok A Di Raudhatul Athfal Al-Ikhlas Ajung Jember Tahun Pelajaran 2021/2022

Masruro, Umi (2022) Meningkatkan Kemandirian Anak Melalui Bermain Peran Pada Kelompok A Di Raudhatul Athfal Al-Ikhlas Ajung Jember Tahun Pelajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
UMI MASRURO_T20185084.pdf

Download (6MB)

Abstract

Umi Masruro, 2022: Meningkatkan Kemandirian Anak Melalui Bermain Peran Pada Kelompok A Di Raudhatul Athfal AL-Ikhlas Ajung Jember.
Kata Kunci : Kemandirian, Bermain Peran
Kemandirian merupakan sesuatu yang esensial dan harus dimiliki oleh setiap individu supaya tidak terus menerus bergantung dengan orang lain. Kemandirian adalah kemampuan seorang untuk melakukan latihan dan tugas sehari-hari sendiri atau dengan sedikit bimbingan. Berdasarkan pengalaman peneliti observasi di RA AL-Ikhlas Ajung Kemandirian pada anak masih belum sesuai harapan Guru dan Orang tua, dikarenakan sikap mandiri anak yang kurang. Oleh karena itu diperlukan kegiatan pembelajaran yang menyenangkan melalui bermain peran untuk meningkatkan kemandirian anak.
Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah : 1) Bagaimana meningkatkan kemandirian sosial dan emosi melalui bermain peran sebagai dokter pada anak kelompok A di Raudhatul Athfal Al-Ikhlas Ajung ? 2) Bagaimana meningkatkan kemandirian intelektual melalui bermain peran sebagai dokter pada anak kelompok A di Raudhatul Athfal Al-Ikhlas Ajung ?
Tujuan Penelitian ini adalah : 1) Untuk mengetahui dan mendiskripsikan kemandirian sosial dan emosi melalui bermain peran sebagai dokter pada anak kelompok A di Raudhatul Athfal Al-Ikhlas Ajung. 2) Untuk mengetahui dan mendiskripsikan kemandirian intelektual melalui bermain peran sebagai dokter pada anak kelompok A di Raudhatul Athfal Al-Ikhlas Ajung.
Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif jenis field research atau penelitian lapangan. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan observasi partisipatif, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini menperoleh kesimpulan melalui kegiatan bermain peran untuk meningkatkan kemandirian sosial dan emosi anak di Raudhatul Athfal Al-Ikhlas Ajung Jember dilaksanakan dengan beberapa langkah 1) Guru menyiapkan alat atau media pembelajaran. 2) Guru memberikan pengarahan dan aturan dalam bermain peran. 3) Guru menjelaskan cara bermain peran dan membentuk kelompok 3-4 anak. 4) Guru memulai kegiatan bermain peran. 5) Guru mengawasi anak bermain peran. 6) Guru memberi penilaian atau mengevaluasi aktivitas bermain peran ( role play ) yang diperankan oleh Anak. Sedangkan untuk aktivitas bermain peran sebagai dokter untuk meningkatkan kemandirian intelektual anak dilaksanakan melalui beberapa langkah yaitu: 1) Guru mempersiapkan materi, naskah, alat, media kegiatan pembelajaran, 2) Guru memberikan pengarahan, penjelasan dan aturan bermain peran. 3) Guru memberikan kesempatan pada anak untuk memulai aktivitas bermain peran ( role play ). 4) Guru memberikan penilaian atau mengevaluasi aktivitas bermain peran ( role play ) untuk mengetahui hasil pencapaian perkembangan kemandirian intelektual pada anak.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Umi Masruro
Date Deposited: 18 Oct 2022 03:37
Last Modified: 18 Oct 2022 03:37
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/13737

Actions (login required)

View Item View Item