PEDAGOGICAL CONTENT KNOWLEDGE (PCK) GURU DALAM PEMBELAJARAN IPA DI SMP NEGERI TEMPEH LUMAJANG PADA MATERI PEMANASAN GLOBAL

Wibiyanti, Zati (2021) PEDAGOGICAL CONTENT KNOWLEDGE (PCK) GURU DALAM PEMBELAJARAN IPA DI SMP NEGERI TEMPEH LUMAJANG PADA MATERI PEMANASAN GLOBAL. Undergraduate thesis, UIN KHAS JEMBER.

[img] Text
PEDAGOGICAL CONTENT KNOWLEDGE (PCK) GURU DALAM PEMBELAJARAN IPA DI SMP NEGERI TEMPEH LUMAJANG PADA MATERI PEMANASAN GLOBAL.pdf

Download (11MB)

Abstract

PCK adalah interaksi antara pedagogi dan konten. PCK menggambarkan kemampuan guru untuk mengintegrasikan pengetahuan konten ke dalam pengetahuan tentang kurikulum, pengajaran, dan karakteristik siswa, yang dapat membimbing guru dalam menyusun situasi pembelajaran. Guru yang profesional, khusunya guru IPA, tidak hanya mampu menguasai materi IPA dan strategi pengajaran saja, tetapi juga harus mempunyai pemahaman dan kemampuan khusus untuk memadukan materi, kurikulum, belajar, pengajaran, dan siswa, salah satunya dengan memiliki Pedagogical Content Knowledge (PCK) yang baik. Oleh karena itu, PCK guru penting untuk diteliti guna meningkatkan kualitas pembelajaran selanjutnya
Fokus masalah yang diteliti adalah bagaimana PCK guru IPA di SMP Negeri Tempeh pada materi Pemanasan Global? Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan PCK guru IPA di SMP Negeri Tempeh pada materi Pemanasan Global. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, subjek penelitian adalah 3 orang guru IPA di SMP Negeri Tempeh yang mengajar pada topik yang sama. Objek penelitian ini adalah PCK masing-masing guru khususnya dalam mengajarkan topik pemanasan global. pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi proses pembelajaran, wawancara, dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa PCK guru IPA SMP Negeri Tempeh yang ditinjau dari pengetahuan pedagogik dan pengetahuan profesional yaitu: Guru 1 pada aspek pengetahuan kurikulum, pengetahuan tentang mengajar, dan pengetahuan penilaian masih perlu ditingkatkan karena masih ada indikator yang belum terpenuhi, sedangkan pada aspek pengetahuan tujuan, pengetahuan siswa, pengetahuan sumber daya, dan pengetahuan materi pembelajaran sudah baik karena memenuhi indikator. Guru 2 dan Guru 3 pada aspek pengetahuan kurikulum dan pengetahuan penilaian masih perlu ditingkatkan karena masih ada indkator yang belum terpenuhi, sedangkan pada aspek pengetahuan tujuan, pengetahuan siswa, pengetahuan mengajar, pengetahuan sumber daya, dan pengetahuan materi pembelajaran sudah baik karena memenuhi indikator.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris IPA
Depositing User: Bhakti Priawan
Date Deposited: 18 Oct 2022 02:20
Last Modified: 18 Oct 2022 02:20
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/13740

Actions (login required)

View Item View Item