Pengembangan film animasi kartun sebagai media pembelajaran tematik kelas III di madrasah ibtidaiyah kahasri Kecamatan mayangan kota probolinggo

-, Syaifullah (2022) Pengembangan film animasi kartun sebagai media pembelajaran tematik kelas III di madrasah ibtidaiyah kahasri Kecamatan mayangan kota probolinggo. Undergraduate thesis, UIN KH Ahmad siddiq Jember.

[img] Text
Syaifullah_T20184100.pdf

Download (4MB)

Abstract

Syaifullah, 2022: “Pengembangan Film Animasi Kartun Sebagai Media
Pembelajaran Tematik Kelas III Di Mi Kahasri Kota
Probolinggo ”.
Kata Kunci : Pengembangan, Media Pembelajaran, Film Animasi, Tema 5, Kelas
III MI Kahasri Kota Probolinggo
Dengan adanya kreatifitas guru dalam mengembangkan media
pembelajaran berbasis film animasi ini akan berdampak positif bagi peserta didik.
Seperti halnya minimnya pengembangan media film animasi di MI Kahasri kota
Probolinggo. Bahwa Film animasi kartun merupakan salah satu media
pembelajaran yang dapat digunakan sebagai jembatan proses pembelajaran agar
lebih menarik dan memberikan nuansa lingkungan yang baru bagi siswa. Apa bila
pendidik mampu mengolah pembelajaran media pembelajaran berbasis animasi,
maka pelajaran tematik yang di jelaskan akan lebih efisien dalam penggunaan
media yang lebih maksimal. Di samping fasilitas yang lengkap media film
animasi juga bisa di gunakan di sekolah yang fasilitas belum lengkap dengan
fasilitas yang di sediakan oleh guru berupa laptop atau bisa di share di grub wali
murid agar bisa menggunakan media di rumah maupun di sekolah.
Penelitian pengembangan media pembelajaran ini bertujuan untuk : 1)
Menghasilkan Produk Berupa Media Pembelajaran Film Animasi KartunTerhadap
Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Tematik Kelas III Di MI Kahasri
Probolinggo,
2) Mengetahui Kelayakan Media Pembelajaran Film Animasi Kartun Terhadap
Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Tematik Kelas III Di MI Kahasri
Probolinggo.
Jenis penelitian yang akan digunakan adalah Research and Development
(RnD) dengan menggunakan dua jenis data kualitatif dan kuantitatif. Penelitian
pengembangan ini mengacu pada model penelitian ADDIE dengan lima langkah
pengembangannya yaitu : 1) Analisis, 2) Desain, 3) Pengembangan, 4)
Implementasi, dan 5) Evaluasi.
Hasil penelitian pengembangan media film animasi kartun dengan
menggunakan metode ADDIE telah memenuhi kriteria dari uji coba beberapa ahli.
Hasil uji coba ahli media menunjukkan tingkat kevalidan sebesar 92.5%,
sedangkan kevalidan ahli materi sebesar 100% dan ahli pembelajaran sebesar 95%
dengan kualifikasi valid dan layak digunakan. Sedangkan hasil uji coba pengguna
menunjukkan tingkat ketertarikan peserta didik kelas III-A mencapai 89% dan
hasil uji coba pengguna ketertarikan peserta didik kelas III-B mencapai 87%
Sehingga dapat disimpulkan bahwa melalui perbandingan kelas III-A dan III-B
bahwa media film animasi kartun yang dikembangkan dapat di terapkan dalam
pembelajaran kelas.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 05 ENVIRONMENTAL SCIENCES > 0599 other environmental sciences > 059999 Environmental Sciences not elsewhere classified
13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education
13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200101 Communication Studies
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200102 Communication Technology and Digital Media Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms SYAIFULLAH -
Date Deposited: 18 Oct 2022 04:04
Last Modified: 18 Oct 2022 04:04
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/13744

Actions (login required)

View Item View Item