Implementasi metode eksperimen pada pembelajaran ipa kelas v di madrasah ibtidaiyah al-barokah an-nur ajung jember tahun pelajaran 2021/2022

-, ISMAWATI (2022) Implementasi metode eksperimen pada pembelajaran ipa kelas v di madrasah ibtidaiyah al-barokah an-nur ajung jember tahun pelajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Ismawati_T20184114.pdf

Download (2MB)

Abstract

Ismawati, 2022: Implementasi Metode Eksperimen Pada Pembelajaran IPA Kelas
V di Madrasah Ibtidaiyah Al-Barokah An-Nur Ajung Jember Tahun
Pelajaran 2021/2022.
Kata Kunci: Implementasi Metode Eksperimen, Pembelajaran IPA
Metode eksperimen merupakan metode yang dilakukan guru melalui
sebuah percobaan atau praktik langsung dengan alat dan bahan yang telah
disiapkan. Dengan hal itu peserta didik dapat membuktikan langsung dan dapat
memecahkan sendiri masalah yang dihadapi yaitu dengan uji coba sendiri tersebut.
Metode eksperimen ini metode yang sesuai dengan IPA, karena tujuan IPA bukan
hanya sekedar cara bekerja, melihat dan berpikir saja. Akan tetapi IPA juga
sebagai proses tindakan, keingintahuan, dan kebiasaan berpikir. IPA juga sangat
berkaitan dengan kehidupan sehari-hari, karena hal itu baik bagi peserta didik jika
belajar secara langsung mengenai alam ataupun seisinya bukan hanya teori. MI
Al-Barokah An-Nur ini merupakan madrasah yang banyak diminati masyarakat
setempat ataupun luar. Selain itu peserta didiknya memiliki semangat belajar
tinggi dalam eksperimen atau praktik-praktik. Gurunya juga mempunyai semangat
yang tinggi dan prosedur eksperimen yang bagus, meskipun di madrasah tersebut
tidak menggunakan lab IPA melainkan hanya menggunakan alat eksperimen saja.
Fokus penelitian yang akan diteliti dalam skripsi ini, ialah; 1) Bagaimana
pelaksanaan metode eksperimen pada pembelajaran IPA kelas V di MI AlBarokah An-Nur? 2) Apa saja faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan
metode eksperimen pada pembelajaran IPA kelas V di MI Al-Barokah An-Nur?
Dan tujuan penelitian inidiantaranya ialah; 1) Untuk mendeskripsikan pelaksanaan
metode eksperimen pada pembelajaran IPA kelas V di MI Al-Barokah An-Nur 2)
Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan metode
eksperimen pada pembelajaran IPA kelas V di MI Al-Barokah An-Nur.
Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian yakni
narative research. Adapun informan kunci yang diambil dari teknik puposive
sampling. Dan teknik pengumpulan data ialah dengan observasi, wawancara, dan
dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data ialah dengan menggunakan
kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verivikasi. Juga,
teknik keabsahan data ialah dengan menggunkan triangulasi sumber dan
triangulasi teknik.
Hasil penelitian ini, yakni; 1) Pelaksanaan metode eksperimen kelas V di
MI Al-Barokah An-Nur dapat diterapkan dengan baik mengikuti tiga langkah
eksperimen yaitu eksposisi, eksplorasi, dan evaluasi. Dan uniknya di MI AlBarokah An-Nur ini memiliki cara khusus agar peserta didik lebih semangat
melakukan praktik yaitu dengan merangsang peserta didik untuk belajar di rumah
dengan praktik mandiri atau kelompok, kemudian hasil uji coba tersebut
diapresiasi baik oleh guru. 2) Pelaksanaan ini memiliki pendukung yang dapat
memperlancar pelaksanaan eksperimen salah satunya alat peraga atau alat praktik
IPA yang bisa didapatkan guru baik dari lembaga atau berkreasi sendiri. Selain itu
guru juga dapat mengatasi hambatan seperti keterbatasan sarana prasarana, kurang
persiapan, dan memerlukan waktu yang cukup panjang. Hal itu dapat diatasi guru
dengan berbagai cara atau ide guru agar eksperimen berjalan dengan baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 02 PHYSICAL SCIENCES > 0202 Classical Physics > 020399 Classical Physics not elsewhere classified
02 PHYSICAL SCIENCES > 0206 Quantum Physics > 020604 Quantum Optics
02 PHYSICAL SCIENCES > 0206 Quantum Physics > 020699 Quantum Physics not elsewhere classified
02 PHYSICAL SCIENCES > 0299 Other Physical Sciences > 029904 Synchrotrons; Accelerators; Instruments and Techniques
13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms ISMAWATI -
Date Deposited: 18 Oct 2022 04:00
Last Modified: 18 Oct 2022 04:00
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/13746

Actions (login required)

View Item View Item