Analisis hierarki kebutuhan maslow pada kebutuhan konsumen di penjualan handphone bekas di bursa handphone jompo jember pada masa pandemi covid-19

Fauzil Adim, Muhammad (2022) Analisis hierarki kebutuhan maslow pada kebutuhan konsumen di penjualan handphone bekas di bursa handphone jompo jember pada masa pandemi covid-19. Undergraduate thesis, UIN KHAS JEMBER.

[img] Text
Skripsi_Muhammad Fauzil Adim.pdf

Download (2MB)

Abstract

Muhammad Fauzil Adim, Dr. Nikmatul Masruroh, S.H.I., M.E.I. : Analisis Hierarki Kebutuhan Maslow Pada Penjualan Handphone Bekas Di Bursa Handphone Jompo Jember Pada Masa Pandemi Covid-19

Maslow dalam teori hierarki kebutuhan Maslow mengindentifikasi adanya lima tingkatan kebutuhan manusia, yaitu kebutuhan fisiologi, kebutuhan rasa aman, kebutuhan rasa cinta, kebutuhan penghargaan dan kebutuhan aktualisasi diri. Seseorang berusaha memenuhi jenjang kebutuhan yang lebih tinggi apabila jenjang yang paling rendah sudah terpenuhi. Faktor pertama adalah kebutuhan fisiologi, yaitu kebutuhan pokok atau kebutuhan dasar, misalnya kebutuhan pangan, sandang dan papan, sehingga untuk memenuhi kebutuhan ini seseorang harus bekerja.
Fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimana pola penjualan handphone bekas pada masa Covid-19 di Bursa Handphone Jompo Jember? 2) Bagaimana analisis hierarki kebutuhan Maslow dalam penjulan handphone bekas di Bursa Handphone Jompo Jember?
Tujuan penelitian ini adalah: 1) untuk mendeskripsikan pola penjualan handphone bekas di Bursa Handphone Jompo Jember. 2) untuk mendeskripsikan dan menjelaskan analisis hierarki kebutuhan Maslow dalam penjualan handphone bekas di Bursa Handphone Jompo Jember.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan jenis penelitian studi lapangan. Teknik penelitian menggunakan teknik observasi, wawancara serta dokumentasi. Dengan analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi (kesimpulan). Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber
Hasil dari penelitian ini adalah 1) penjualan di bursa Handphone Jompo Jember menggunakan jenis penjualan technical selling, yaitu upaya pengelola bisnis untuk meningkatkan penjualan dengan pemberian saran dan nasihat kepada pelanggan dari barang atau jasa. Dalam hal ini penjual memiliki tugas utama untuk mengindentifikasi serta menganalisa berbagai macam masalah serta kebutuhan yang diperlukan oleh pelanggan. Kemudian menunjukkan produk yang ditawarkan untuk mengatasi masalah serta kebutuhan pelanggan. Pola penjualan yang terjadi pada masa pandemi mengalami peningkatan penjualan handphone bekas hingga 2 kali lipat dari penjualan biasa sebelum ada pandemi Covid-19. 2) Jika dianalisis menggunakan teori hierarki Maslow peningkatan penjualan di Bursa Handphone Jompo Jember ini terjadi karena barang handphone yang semula merupakan barang di tingkatan kebutuhan harga diri, naik menjadi barang di tingkatan kebutuhan rasa aman akibat adanya pandemi Covid-19. Sehingga apabila tidak memilikinya maka timbul rasa tidak aman atau takut tidak dapat melakukan aktivitas seperti orang lainnya. Sehingga mengakibatkan masyarakat wajib memiliki yang namaya handphone.

Kata kunci : Hierarki Kebutuhan Maslow, Penjualan, Barang Bekas

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140104 Microeconomic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Mr Muhammad Fauzil Adim
Date Deposited: 20 Oct 2022 02:29
Last Modified: 20 Oct 2022 02:29
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/13747

Actions (login required)

View Item View Item