PELAKSANAAN PUNISHMENT (HUKUMAN) DALAM MEMBENTUK KARAKTER DISIPLIN PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH ATAS PANCASILA AMBULU TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Muhammad, Arzy (2022) PELAKSANAAN PUNISHMENT (HUKUMAN) DALAM MEMBENTUK KARAKTER DISIPLIN PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH ATAS PANCASILA AMBULU TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Undergraduate thesis, FAKULTAS TARBIYAH DAN ILMU KEGURUAN.

[img] Text
skripsi arzy.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya kedisiplinan peserta didik pada saat pembelajaran Pendidikan Agama Islam terhadap tata tertib di SMA Pancasila Ambulu, dan ingin mengetahui pelaksanaan punishment (hukuman) verbal atau punishment (hukuman) non verbal di sekolah. Peserta didik yang melanggar tata tertib di sekolah akan diberikan punishment (hukuman) verbal atau punishment (hukuman) non verbal, maka dari itu punishment (hukuman) apakah bisa membuat peserta didik lebih patuh atau malah sebaliknya.

Fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimana pelaksanaan punishment (hukuman) verbal dalam membentuk karakter disiplin peserta didik pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Pancasila tahun pelajaran 2021/2022 ?, 2)Bagamaimana pelaksanaan punishment (hukuman) non verbal dalam membentuk karakter disiplin peserta didik pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Pancasila tahun pelajaran 2021/2022?

Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan pelaksanaan punishment(hukuman) verbal dalam membentuk karakter disiplin peserta didik pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Pancasila tahun pelajaran 2021/2022. 2)Mendeskripsikan pelaksanaan punishment (hukuman) non verbal dalam membentuk karakter disiplin peserta didik pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Pancasila tahun pelajaran 2021/2022.

Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian field research, Adapun informan dalam penelitian ini dipilih dengan menggunakan purposive, metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data mengunakan model Interaktif Miles, Huberman dan Saldana yang terdiri dari kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.

Hasil penelitian ini adalah: 1) Untuk pelaksanaan punishment (hukuman) verbal yaitu diberikan kepada peserta didik yang tidak memasukkan baju, membawa sepeda motor tidak turun, terlambat satu kali, main handphone saat pelajaran, tidak mengerjakan tugas atau PR. Bentuk hukuman berupa teguran, menyanyikan lagu Indonesia raya, dan hafalan surat-surat pendek dan ayat terkait materi. 2) Untuk pelaksanaan punishment (hukuman) non verbal yaitu diberikan peserta didik yang terlambat lebih dari dari satu kali dan waktu keterlambatannya lebih dari lima belas menit, tidak mengerjakan tugas atau PR lebih dari satu kali maka hukumannya yaitu menulis ayat,keliling meja sambil memaca kalimat tayyibah, jalan jongkok, skot jump sambil istigfar, dan push up.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Depositing User: ms Muhammad Arzy
Date Deposited: 19 Oct 2022 03:36
Last Modified: 19 Oct 2022 03:36
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/13749

Actions (login required)

View Item View Item