INTERNALISASI NILAI-NILAI AKHLAK MELALUI KITAB TARBIYATUS SYIBYAN PADA SANTRI PONDOK PESANTREN NURUL ISLAM JEMBER

M, Fathoni (2022) INTERNALISASI NILAI-NILAI AKHLAK MELALUI KITAB TARBIYATUS SYIBYAN PADA SANTRI PONDOK PESANTREN NURUL ISLAM JEMBER. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan ilmu Keguruan.

[img] Text
Skripsi M.Fathoni T20181467.pdf

Download (2MB)

Abstract

M. Fathoni, 2022: Internalisasi Nilai-Nilai Akhlak Melalui Kitab Tarbiyatus Syibyan Pada Santri Pondok Pesantren Nurul Islam Jember.
Kata Kunci : Internalisasi, Akhlak, Tarbiyatus Syibyan.

Perkembangan zaman mengakibatkan degradasi moral bagi masyarakat khusunya para remaja. Kenakalan remaja marak terjadi di masyarakat bukan hanya di perkotaan, namun sudah mengakar pada masyarakat di pedesaan. Hal ini membutuhkan adanya inovasi baru dalam pendidikan untuk mengurangi bahkan memberantas kenakalan remaja. Untuk itu, penting adanya internalisasi nilai nilai akhlaq untuk memperbaiki prilaku individu dalam mencegah adanya kenakalan remaja di masyarakat.
Fokus masalah yang diteliti dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana proses transformasi nilai-nilai akhlak melalui kitab tarbiyatus syibyan pada santri pondok pesantren Nurul Islam Jember? 2) Bagaimana proses transaksi nilai-nilai akhlak melalui kitab tarbiyatus syibyan pada santri pondok pesantren Nurul Islam Jember? 3) Bagaimana proses transinternalisasi nilai-nilai akhlak melalui kitab tarbiyatus syibyan pada santri pondok pesantren Nurul Islam Jember?.
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan proses transformasi nilai-nilai akhlak melalui kitab tarbiyatus syibyan pada santri pondok pesantren Nurul Islam Jember. 2) Untuk mendeskripsikan proses transaksi nilai-nilai akhlak melalui kitab tarbiyatus syibyan pada santri pondok pesantren Nurul Islam Jember. 3) Untuk mendeskripsikan proses transinternalisasi nilai-nilai akhlak melalui kitab tarbiyatus syibyan pada santri pondok pesantren Nurul Islam Jember.
Untuk mencapai tujuan di atas peneliti menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan observasi yang di gunakan adalah observasi partisipatif moderat dan analisis data yang digunakan adalah analisis data model interaktif Miles and Huberman yaitu pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengujian keabsahan data pada penelitian ini menggunakan teknik triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Penelitian ini memperoleh hasil bahwa 1) tahap transformasi nilai-nilai akhlak melalui kitab Tarbiyatus Syibyan di Pondok Pesantren Nurul Islam dilakukan dengan pendekatan program pengajian rutin kitab tarbiyatus syibyan oleh pengasuh dan pengurus, pembacaan nadhom kitab Tarbiyatus Syibyan setiap selepas sholat subuh, dan pembaacaan nadhom kitab Tarbiyatus Syibyan dihadapan wali santri ketika wisuda akhirussanah . 2) tahap transaksi nilai-nilai akhlak melalui kitab Tarbiyatus Syibyan dilakukan dengan cara santri dibiasakan menjalankan peraturan pesantren, dan jika melanggar maka dikenakan hukuman, ketika baru kembali dari liburan pesantren maka santri dibiasakan untuk sowan kepada pengasuh, serta pembiasaan penerapan sikap akhlak kepada lingkungan yakni dengan cara bersih-bersih area pesantren dengan jadwal yang sudah ditentukan. 3) tahap transinternalisasi nilai-nilai akhlak melalui kitab Tarbiyatus Syibyan dilakukan dengn program Tugas mengajar yakni ketika santri liburan di rumah dibebani tugas mengajarkan apa yng sudah diperoleh selama di pesantren, Program Abdi Masyarakat atau PAM, dan phunisment ketika tidak menjalankan tugas mengajar tersebut

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130101 Continuing and Community Education
Depositing User: Mr M Fathoni
Date Deposited: 20 Oct 2022 02:34
Last Modified: 20 Oct 2022 02:34
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/13750

Actions (login required)

View Item View Item