Pengembangan Infografis Ekosistem Hutan Mangrove Berbasis Potensi Lokal Di Kawasan Pantai Cemara Kawang Muncar Sebagai Media Pembelajaran Materi Ekosistem Bagi Siswa Kelas X MIPA SMAN 1 Muncar Banyuwangi Tahun Pelajaran 2021-2022

Ummah, Nofida Rahmatul (2022) Pengembangan Infografis Ekosistem Hutan Mangrove Berbasis Potensi Lokal Di Kawasan Pantai Cemara Kawang Muncar Sebagai Media Pembelajaran Materi Ekosistem Bagi Siswa Kelas X MIPA SMAN 1 Muncar Banyuwangi Tahun Pelajaran 2021-2022. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI NOFIDA R. UMMAH REVISI water mark.pdf

Download (3MB)

Abstract

Pendidikan merupakan hal yang penting bagi kehidupan manusia, terlebih dalam pengembangan SDM yang berkualitas. Namun dalam dunia pendidikan terdapat masalah yang sering terjadi, yaitu lemahnya proses pembelajaran. Kualitas proses pembelajaran dapat ditingkatkan dengan memfungsikan media pembelajaran. Ekosistem ialah materi biologi yang objek kajiannya sering dijumpai di kehidupan nyata, namun keterangan materi yang banyak seringkali membuat siswa kurang minat mempelajarinya. Sehingga lebih menarik jika materi dibelajarkan dengan media pembelajaran yang mendekatkan siswa dengan objek nyata disekitarnya. Berdasarkan wawancara guru biologi SMAN 1 Muncar media pembelajaran yang digunakan terbatas dengan buku teks dan LKS, sehingga perlu dikembangkan media pembelajaran berupa Infografis.
Rumusan masalah yang diteliti adalah: 1) Bagaimana kevalidan infografis ekosistem hutan mangrove berbasis potensi lokal di kawasan pantai cemara kawang Muncar?, 2) Bagaimana respon siswa terhadap infografis ekosistem hutan mangrove berbasis potensi lokal di kawasan pantai cemara kawang Muncar?, 3) Bagaimana keefektifan infografis ekosistem hutan mangrove berbasis potensi lokal di kawasan pantai cemara kawang Muncar dan tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan kevalidan, respons siswa, dan keefektifan infografis ekosistem hutan mangrove berbasis potensi lokal di kawasan pantai cemara kawang Muncar.
Jenis penelitian ini adalah Research and Develompement (R&D) dengan model pengembangan Plomp yang meliputi tiga tahapan yaitu 1) Preliminary research, 2) Development or Protothyping phase, 3) Asssesment phase. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA SMAN 1 Muncar. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi angket, tes, observasi, dan wawancara.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Infografis ekosistem hutan mangrove berbasis potensi lokal di kawasan pantai cemara kawang Muncar dinyatakan sangat valid dan layak digunakan dengan presentase kevalidan oleh ahli materi sebesar 98%, ahli media 94%, dan validator pengguna 91%. 2) Hasil uji respon siswa terhadap infografis ekosistem hutan mangrove berbasis potensi lokal di kawasan pantai cemara kawang Muncar didapatkan presentase sebesar 84% pada uji one-to-one, 89,33% pada uji small group evaluation, dan 90,66% uji field test yang termasuk kategori “sangat menarik”. 3) Hasil uji efektivitas pretest dan posttest menggunakan uji paired sample t-test diperoleh nilai sig 0,000 < 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa sebelum dan sesudah menggunakan infografis. Sehingga infografis ekosistem hutan mangrove berbasis potensi lokal di kawasan pantai cemara kawang Muncar efektif digunakan sebagai media dalam proses pembelajaran.

Kata Kunci: Infografis Ekosistem Hutan Mangrove, Potensi Lokal, Media Pembelajaran

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0602 Ecology > 060205 Marine and Estuarine Ecology (incl. Marine Ichthyology)
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: Nofida Rahmatul Ummah
Date Deposited: 20 Oct 2022 03:18
Last Modified: 20 Oct 2022 03:18
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/13755

Actions (login required)

View Item View Item