PENGGUNAAN MEDIA POWER POINT PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DALAM MENUMBUHKAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS 5 MASA PANDEMI COVID-19 DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 3 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2020/2021

BADRIYAH, BADRIYAH (2021) PENGGUNAAN MEDIA POWER POINT PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DALAM MENUMBUHKAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS 5 MASA PANDEMI COVID-19 DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 3 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Undergraduate thesis, UIN KHAS Jember.

[img] Text
PENGGUNAAN MEDIA POWER POINT PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DALAM MENUMBUHKAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS 5 MASA PANDEMI COVID-19 DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 3 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2020-2021.pdf

Download (38MB)

Abstract

Dewasa ini pendidikan di Indonesia masih dianggap rendah terutama pada minat belajar peserta didik. Untuk memacu mempermudah guru dalam menyampaikan informasi, kegairahan minat peserta didik dalam belajar dan melatih peserta didik untuk berfikir kreatif, maka diperlukan media khusus sebagai perangsang peserta didik untuk belajar. Alasan peneliti memilih penelitian di MIN 3 Jember adalah karena MIN 3 Jember sebagai salah satu madrasah yang merespon dan terus berpacu mampu mengembangkan media pembelajaran yang sesuai dengan perkembangan teknologi saat ini. Seperti penggunaan media power point guna membangun kualitas pendidikan, media mampu menarik perhatian peserta didik, membantu memudahkan belajar bagi peserta didik.
Fokus yang dikaji dalam penelitian ini ada 3 yaitu, 1) Bagaimana penggunaan media power point pada pembelajaran tematik dalam menumbuhkan minat belajar peserta didik kelas 5 di MIN 3 Jember Tahun Pelajaran 2020/2021? 2) Apa faktor penggunaan media power poin pada pembelajaran Tematik dalam menumbuhkan minat belajar peserta didik kelas 5 di MIN 3 Jember tahun pelajaran 2020/2021?
Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian menggunakan Deskriptif. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, waka kurikulum, guru kelas 5, dan salah satu siswa kelas 5. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan kondensasi, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan menggunakan triagulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah 1) a. Perencanaan : menyusun RPP, pemilihan media, pembuatan media, dalam pembuatan media ada beberapa hal yang perlu diperhatikan seperti : guru menyesuaikan karakter siswa, berpedoman menggunakan RPP, menyusun materi, mendesain slide yang menarik b. Pelaksanaan : guru mempersiapkan semua media dan peralatan yang akan digunakan, guru menjelaskan tujuan pembelajaran yang akan dipelajari hari ini, melalui watshapp guru memberikan arahan dan informasi mengenai pelaksanaan pembelajaran selama daring. Selanjutnya guru mengirimkan sebuah materi berupa power point melalui grup WA Paguyuban kelas 5, Power point selain sebagai media juga berfungsi sebagau sumber belajar dan disertai dengan LKPD. c. Evaluasi : rencana selanjutnya guru ingin menggunakan google meet atau zoom dan tetap menggunakan media power point, untuk anak-anak yang tidak memiliki handphone atau keterbatasan menggunakan handphone 2) a. faktor penghambat : mood belajar siswa yang kurang baik, kurangnya perhatian peserta didik oleh orang tua yang sibuk bekerja, kurangnya perangkat pembelajaran b. Faktor pendukung : mood atau minat belajar siswa yang baik, ketersediaan media pembelajaran, lingkungan tempat tinggal yang nyaman.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Bhakti Priawan
Date Deposited: 19 Oct 2022 00:55
Last Modified: 19 Oct 2022 00:55
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/13757

Actions (login required)

View Item View Item