PENGEMBANGAN HANDOUT DIGITAL DENGAN KONTEKS KEANEKARAGAMAN BRYOPHYTA DAN PTERIDOPHYTA PADA MATERI PLANTAE DI DUSUN SUMBERCANDIK KABUPATEN JEMBER UNTUK SISWA KELAS X IPA DI SMAN RAMBIPUJI JEMBER

Pristiyanti, Mareta (2021) PENGEMBANGAN HANDOUT DIGITAL DENGAN KONTEKS KEANEKARAGAMAN BRYOPHYTA DAN PTERIDOPHYTA PADA MATERI PLANTAE DI DUSUN SUMBERCANDIK KABUPATEN JEMBER UNTUK SISWA KELAS X IPA DI SMAN RAMBIPUJI JEMBER. Undergraduate thesis, UIN KHAS Jember.

[img] Text
PENGEMBANGAN HANDOUT DIGITAL DENGAN KONTEKS KEANEKARAGAMAN BRYOPHYTA DAN PTERIDOPHYTA PADA MATERI PLANTAE DI DUSUN SUMBERCANDIK KABUPATEN JEMBER UNTUK SISWA KELAS X IPA DI SMAN RAMBIPUJI JEMBER.pdf

Download (9MB)

Abstract

Saat masa pandemi Covid-19 pembelajaran di SMAN Rambipuji dilakukan secara daring melalui Google Classroom. Bahan ajar yang digunakan adalah buku paket dan guru juga membebaskan siswa untuk mengakses di internet, serta terkadang guru memberikan video pembelajaran dari youtube. Saat pandemi juga terdapat perampingan KD, jadi terdapat beberapa materi yang tidak diajarkan, salah satunya adalah materi Plantae. Sehingga, dibutuhkan adanya pengembangan terkait bahan ajar pada materi Plantae. Selain itu, hasil analisis kebutuhan bahan ajar kepada siswa, 91,6% menyatakan setuju jika dilakukan pengembangan bahan ajar berupa handout digital pada materi Plantae khususnya Bryophyta dan Pteridophyta.
Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mendeskripsikan kevalidan handout digital dengan konteks keanekaragaman Bryophyta dan Pteridophyta pada materi Plantae di Dusun Sumbercandik Kabupaten Jember ditinjau dari validitas materi, 2) Mendeskripsikan kevalidan handout digital dengan konteks keanekaragaman Bryophyta dan Pteridophyta pada materi Plantae di Dusun Sumbercandik Kabupaten Jember ditinjau dari validitas media, 3) Mendeskripsikan kevalidan handout digital dengan konteks keanekaragaman Bryophyta dan Pteridophyta pada materi Plantae di Dusun Sumbercandik Kabupaten Jember ditinjau dari validitas pengguna, dan 4) Mendeskripsikan respons siswa terhadap handout digital dengan konteks keanekaragaman Bryophyta dan Pteridophyta di Dusun Sumbercandik Kabupaten Jember.
Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE. Produk divalidasi oleh empat dosen sebagai validator ahli materi dan ahli media, serta guru biologi SMAN Rambipuji (pengguna). Uji coba terbatas dilakukan pada 12 siswa kelas X IPA SMAN Rambipuji. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu instrumen analisis kebutuhan dan instrumen validasi (angket), wawancara dan dokumentasi. Adapun teksik analisis data menggunakan teknik perhitungan persentase dan teknik kualitatif.
Hasil dari penelitian dan pengembangan yang dilakukan antara lain: 1) Pada aspek materi memperoleh nilai rata-rata keseluruhan 96% dengan kriteria sangat valid, 2) Pada aspek media memperoleh nilai rata-rata keseluruhan 96,8% dengan kriteria sangat valid, 3) Pada aspek pengguna memperoleh nilai rata-rata 95,4% dengan kriteria sangat valid, dan 4) Respons siswa memperoleh nilai rata-rata keseluruhan 84% dengan kriteria sangat baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: Bhakti Priawan
Date Deposited: 19 Oct 2022 01:30
Last Modified: 19 Oct 2022 01:30
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/13758

Actions (login required)

View Item View Item