Implementasi Pemberdayaan Masyarakat melalui Kegiatan Pengelolaan Sampah di Desa Sumbergirang Kecamatan Puri Kabupaten Mojokerto

Jelita, Fiki Imananda (2022) Implementasi Pemberdayaan Masyarakat melalui Kegiatan Pengelolaan Sampah di Desa Sumbergirang Kecamatan Puri Kabupaten Mojokerto. Undergraduate thesis, UIN K.H. Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
FIKI IMANANDA JELITA_D20182021.pdf

Download (1MB)

Abstract

Fiki Imananda Jelita, 2022: Implementasi Pemberdayaan Masyarakat melalui Kegiatan Pengelolaan Sampah di Desa Sumbergirang kecamatan Puri kabupaten Mojokerto.

Masalah sampah di Indonesia saat ini semakin memprihatinkan. Dengan meningkatnya jumlah penduduk dan berkembangnya zaman mengakibatkan bertambahnya volume sampah yang ada di Indonesia tak terkecuali di Mojokerto. Peningkatan jumlah penduduk mengakibatkan meningkatnya jumlah produksi dan konsumsi, sehingga menimbulkan material sisa atau material buangan yang biasa kita kenal dengan sebutan sampah. Di kabupaten Mojokerto sendiri volume sampah terkumpul 400 ton setiap harinya.

Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini, yaitu pertama, bagaimana proses pemberdayaan masyarakat melalui kegiatan pengelolaan sampah di desa Sumbergirang kecamatan Puri kabupaten Mojokerto. Kedua, apa manfaat adanya pemberdayaan masyarakat melalui kegiatan pengelolaan sampah di desa Subergirang kecamatan Puri kabupaten Mojokerto. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tentang proses pemberdayaan melalui kegiatan pengelolaan sampah di desa Sumbergirang kecamatan Puri kabupaten Mojokerto dan apa saja manfaat adanya pemberdayaan masyarakat melalui kegiatan pengelolaan sampah di desa Sumbergirang kecamatan Puri kabupaten Mojokerto.
Mengidentifikasi permasalahan tersebut, penelitian ini menggunakan analisis pendekatan kualitatif dengan penentuan subyek penelitian secara purposive sampling menggunakan data primer dan sekunder agar dapat mengetahui proses pemberdayaan masyarakat melalui kegiatan pengelolaan sampah di desa Sumbergirang kecamatan Puri kabupaten Mojokerto secara deskriptif serta apa saja manfaat adanya pemberdayaan masyarakat melalui kegiatan pengelolaan sampah didesa Sumbergirang kecamatan Puri kabupaten Mojokerto. Adapun Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi.

Hasil dari penelitian ini diperoleh kesimpulan proses pemberdayaan masyarakat melalui kegiatan pengelolaan sampah di desa Sumbergirang kecamatan Puri kabupaten Mojokerto meliputi: tahapan penyadaran dan pembentukan perilaku, tahapan transformasi kemampuan dan tahapan peningkatan kemampuan intelektual dan inovasi. Manfaat adanya pemberdayaan masyarakat melalui kegiatan pengelolaan sampah di desa Sumbergirang meliputi: memberikan lapangan pekerjaan atau peluang usaha, meningkatkan taraf ekonomi masyarakat melalui daur ulang sampah dan edukasi kepada masyarakat agar lingkungan menjadi lebih terjaga serta bersih.

Kata Kunci: Pemberdayaan Masyarakat, Pengelolaan Sampah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 05 ENVIRONMENTAL SCIENCES > 0502 Environmental Science and management > 050204 Environmental Impact Assessment
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Mahasiswa Fiki Imananda Jelita
Date Deposited: 01 Nov 2022 02:59
Last Modified: 01 Nov 2022 02:59
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/13759

Actions (login required)

View Item View Item