Permainan Tradisional Kucing dan Tikus dapat Meningkatkan Kecerdasan Kinestetik pada Anak Kelompok B di Raudlatul Athfal Al-Inaroh Tisnogambar Bangsalsari Tahun Pelajaran 2018/2019

AEMI, SUH (2019) Permainan Tradisional Kucing dan Tikus dapat Meningkatkan Kecerdasan Kinestetik pada Anak Kelompok B di Raudlatul Athfal Al-Inaroh Tisnogambar Bangsalsari Tahun Pelajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, IAIN Jember.

[img] Text
SUHAEMI_T201511059.pdf - Submitted Version

Download (3MB)

Abstract

Kecerdasan kinestetik adalah salah satu kecerdasan majemuk yang dimiliki anak. kecerdasan tersebut memiliki aspek-aspek yaitu keseimbangan statis, keseimbangan dinamis, koordinasi, dan kelincahan. Aspek tersebut dapat dikembangkan dengan permainan tradisional kucing dan tikus agar kecerdasan kinestetik anak dapat berkembang dengan optimal. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana meningkatkan kecerdasan kinestetik melalui permainan tradisional kucing dan tikus pada anak kelompok B di Raudlatul Athfal Al-Inaroh Tisnogambar Bangsalsari tahun pelajaran 2018/2019?. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kecerdasan kinestetik pada anak kelompok B melalui bermain kucing dan tikus di Raudlatul Athfal Al-Inaroh Jatisari Tisnogambar Bangsalsari Jember. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah 22 anak kelompok B. Metode pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bermain kucing dan tikus dapat meningkatkan kecerdasan kinestetik pada anak kelompok B Raudlatul Athfal Al- Inaroh Jatisari Tisnogambar Bangsalsari Jember. Hasil pelaksanaan pembelajaran melalui bermain kucing dan tikus dapat dilihat pada tingkat keberhasilan kegiatan yang dilakukan pada setiap tahapan siklus yang mengalami peningkatan, yaitu pada prasiklus adalah 50,28%, yang meningkat pada siklus I yaitu 59,94%, dan mengalami peningkatan kembali pada siklus II menjadi 88,35%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 20 Oct 2022 02:31
Last Modified: 20 Oct 2022 02:31
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/13774

Actions (login required)

View Item View Item