Nilai-Nilai Pendidikan Islam dalam Tradisi Seblang Masyarakat Desa Olehsari Kecamatan Glagah Kabupaten Banyuwangi” . Skripsi IAIN Jember.

OKTAVIANA, RISTA (2019) Nilai-Nilai Pendidikan Islam dalam Tradisi Seblang Masyarakat Desa Olehsari Kecamatan Glagah Kabupaten Banyuwangi” . Skripsi IAIN Jember. Undergraduate thesis, IAIN Jember.

[img] Text
RISTA OKTAVIANA_084141033.pdf - Submitted Version

Download (5MB)

Abstract

Nilai-Nilai Pendidikan Islam dalam Tradisi Seblang Masyarakat Desa Olehsari KecaBanyak cara mengekspresikan cara beribadah menurut tradisi atau adat istiadat yang berkembang disekitarnya tanpa meninggalkan Al Qur’an dan As Sunnah. Dalam contoh konkrit adalah Tradisi Seblang. Tradisi Seblang adalah sebuah ritual tradisional khas suku Osing. Untuk lebih mudahnya biasa di sebut saja sebagai tarian Seblang, karena di beberapa aspek nya memperlihatkan tari-tarian untuk mengucap syukur dan tolak bala agar desa tetap aman dan tentram. Tradisi seblang diselenggarakan setiap satu tahun sekali dan terus diturunkan dari generasi kegenerasi.. Fokus penelitian dalam skripsi ini mengkaji 3 hal yaitu: Bagaimanakah nilai-nilai Hablum min Allah, Hablum min Annas, Hablum min Al-alam dalam Tradisi Seblang Masyarakat Desa Olehsari Kecamatan Glagah Kabupaten Banyuwangi ? Tujuan penelitian dalam skripsi ini adalah Untuk mendeskripsikan nilainilai Hablum min Allah, Hablum min Annas, Hablum min Al-alam dalam Tradisi Seblang Masyarakat Desa Olehsari Kecamatan Glagah Kabupaten Banyuwangi. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian field research. Lokasi penelitian ini di Desa Olehsari Kecamatan Glagah Kabupaten Banyuwangi. Penentuan subyek penelitian menggunakan purposive, dan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan kondensasi data, data display, conclution drawing verivication keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Penelitian ini memperoleh kesimpulan bahwa: 1) Nilai-nilai Hablum min Allah dalam tradisi seblang adalah menjunjung tinggi keimanan dan ketauhidan kepada Allah SWT. Hal itu dibuktikan dengan tujuan dari terselenggaranya tradisi ini yakni sebagai perwujudan syukur atas limpahan nikmat sehat, aman dan hasil panen melimpah kepada Allah SWT. (2) Nilainilai Hablum min Annas yang terkandung dalam tradisi seblang adalah selalu menjaga hubungan baik dengan Allah SWT, juga dengan sesama manusia. Hal ini dibuktikan dengan tradisi seblang yang dilaksanakan dengan tanggungjawab, kerjasama, tolong menolong, kebersamaan dan juga musyawarah yang baik dari seluruh masyarakat, (3) Nilai-nilai Hablum min Al-alam yang tekandng adalah Hal ini terwujud dalam tujuan dari pelaksanaan seblang itu sendiri, yakni bersyukur atas nikmat Allah, dalam hal ini berupa hasil panen yang melimpah. Oleh sebab itu secara tidak langsung pula menyerukan pesan kepada masyarakat agar tetap menjaga kelestarian alam sebab alam telah banyak memberikan manfaat bagi kehidupan. sesama terlihat pada seluruh persiapan tradisi Seblang.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 20 Oct 2022 02:31
Last Modified: 20 Oct 2022 02:31
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/13775

Actions (login required)

View Item View Item