Proses Berpikir Kreatif Matematis dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Realistis Berdasarkan pada Perbedaan Tingkat Kreativitas Siswa di SMA Negeri 5 Jember.

ISMAWATI, YUNI (2019) Proses Berpikir Kreatif Matematis dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Realistis Berdasarkan pada Perbedaan Tingkat Kreativitas Siswa di SMA Negeri 5 Jember. Undergraduate thesis, IAIN Jember.

[img] Text
YUNI ISMAWATI_T201570237.pdf - Submitted Version

Download (18MB)

Abstract

Berpikir merupakan suatu kegiatan mental yang tidak bisa dihindari, terlebih berpikir kreatif yang sangat penting di dalam dunia pendidikan. Peranan berpikir kreatif sangat terlihat dalam proses menyelesaikan masalah, mulai dari masalah biasa hingga masalah kompleks seperti masalah matematika realistis. Oleh karenanya, peneliti tertarik untuk mengetahui proses berpikir kreatif dalam menyelesaikan masalah matematika realistis yang didasarkan pada perbedaan tingkat kreativitas siswa. Fokus masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana proses berpikir kreatif matematis siswa dalam menyelesaikan masalah matematika realistis pada tingkat kreativitas 4?; 2) Bagaimana proses berpikir kreatif matematis siswa dalam menyelesaikan masalah matematika realistis pada tingkat kreativitas 3?; 3) Bagaimana proses berpikir kreatif matematis siswa dalam menyelesaikan masalah matematika realistis pada tingkat kreativitas 2?. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk, 1) Mendeskripsikan proses berpikir kreatif matematis siswa dalam menyelesaikan masalah matematika realistis pada tingkat kreativitas 4; 2) Mendeskripsikan proses berpikir kreatif matematis siswa dalam menyelesaikan masalah matematika realistis pada tingkat kreativitas 3; 3) Mendeskripsikan proses berpikir kreatif matematis siswa dalam menyelesaikan masalah matematika realistis pada tingkat kreativitas 2. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Instrumen yang digunakan adalah instrumen tes identifikasi kreativitas (TIK), tes berpikir kreatif (TBK) dan pedoman wawancara. Proses analisis data terdirin dari pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan kesimpulan/verifikasi. Untuk menguji keabsahan dari data, dalam penelitian ini peneliti menggunakan triangulasi waktu. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Subjek tingkat kreativitas 4 cenderung melakukan proses berpikir dari setiap tahapan dengan baik, rinci dan teliti serta selalu mendasarkan alasannya secara matematis dan mengevaluasi pekerjaannya pada setiap langkah. 2) Subjek tingkat kreativitas 3 cenderung melakukan proses berpikir dari setiap tahap dengan cukup baik. Hal ini dikarenakan pada tahap iluminasi dan verifikasi, siswa mengalami hambatan yang menyebabakan kesalahan jawaban akhir. Siswa juga mengevaluasi pekerjaan pada bagian yang diragukan saja. 3) Subjek tingkat kreativitas 2 cederung melakukan proses berpikir dari setiap tahap dengan cukup baik. Pekerjaan siswa rapi, namun siswa kurang teliti dalam proses mengerjakan dan siswa hanya mengevaluasi kembali pekerjaannya pada bagian yang diragukan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 20 Oct 2022 02:42
Last Modified: 20 Oct 2022 02:42
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/13778

Actions (login required)

View Item View Item