Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Kegiatan Masa Kesetiaan Anggota Dalam Organisasi IPNU-IPPNU Pimpinan Anak Cabang Gambiran Banyuwangi.

UTAMI, TRI WARDAH (2019) Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Kegiatan Masa Kesetiaan Anggota Dalam Organisasi IPNU-IPPNU Pimpinan Anak Cabang Gambiran Banyuwangi. Undergraduate thesis, IAIN Jember.

[img] Text
TRI WARDAH UTAMI_084141250.pdf - Submitted Version

Download (6MB)

Abstract

Pendidikan karakter merupakan pendidikan perilaku yang terbentuk melalui habitual action (kebiasaan) dan pengejawantahan keteladanan para pendidik, orang tua, para pemimpin, dan masyarakat yang merupakan lingkungan luas bagi pengembangan karakter anak. Untuk menumbuhkan pribadi yang berkarakter itu sendiri harus ada sebuah pembelajaran ataupun pelatihan-pelatihan semacamnya sejak dini. Selain itu, pendidikan karakter bisa diterapkan dimana saja, baik pada pendidikan formal maupun non formal, salah satunya di organisasi IPNU-IPPNU. Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana implementasi pendidikan karakter olah hati melalui kegiatan makesta (masa kesetiaan anggota) dalam organisasi IPNU-IPPNU Pimpinan Anak Cabang Gambiran Banyuwangi. 2) Bagaimana implementasi pendidikan karakter olah pikir melalui kegiatan makesta (masa kesetiaan anggota) dalam organisasi IPNU-IPPNU Pimpinan Anak Cabang Gambiran Banyuwangi. 3) Bagaimana implementasi pendidikan karakter olah rasa melalui kegiatan makesta dalam organisasi IPNU-IPPNU Pimpinan Anak Cabang Gambiran Kabupaten Banyuwangi. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan implementasi pendidikan karakter olah hati, olah pikir, olah rasa melalui kegiatan makesta dalam organisasi Pimpinan Anak Cabang IPNU-IPPNU Gambiran Banyuwangi. Metode penelitian ini dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Penentuan subyek penelitiannya menggunakan teknik snowball throwing. Teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi, dokumentasi, dan wawancara. Analisis datanya menggunakan data condensation, data display, dan conclusion drawing/verification. Sedangkan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Penelitian ini memperoleh kesimpulan 1) implementasi pendidikan karakter olah hati pada sikap beriman dan bertakwa dalam kegiatan makesta PAC IPNUIPPNU Gambiran ditunjukkan pada kegiatan sholat berjama’ah, tahlil dan dzikir bersama. Sedangkan sikap disiplin atau taat aturan ditunjukkan dengan mematuhi PDRT (Peraturan Dasar Rumah Tangga). 2) Implementasi pendidikan karakter olah pikir pada sikap kreatif dalam kegiatan makesta PAC IPNU-IPPNU Kecamatan Gambiran ditujukkan dengan berkreasi, belajar membuat logo, dan menuangkan ideidenya melalui desain grafis. Sedangkan penerapan sikap rasa ingin tahu ditunjukkan dengan membuka ruang diskusi. 3) Implementasi pendidikan karakter olah rasa pada sikap toleransi dalam kegiatan makesta PAC IPNU-IPPNU Gambiran ditunjukkan pada materi keaswajaan. Sedangkan sikap cinta tanah air ditunjukkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars IPNU-IPPNU di setiap acara.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 20 Oct 2022 02:59
Last Modified: 20 Oct 2022 02:59
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/13781

Actions (login required)

View Item View Item